4 Tanda Sakit Kepala Pada Anak Yang Harus Di Waspadai Orang Tua

Tanda Sakit Kepala Pada Anak – Pastinya anda semua pernah merasakan sakit kepala, ada beberapa faktor penyebab sakit kepala, seperti kurangnya istirahat, kurangnya asupan gizi kedalam tubuh dan tak cukup minum air mineral. Penyakit ini termasuk salah satu penyakit ringan yang bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Meskipun termasuk penyakit ringan, sakit kepala pada anak pun harus tetap di waspadai oleh setiap orang. Karna ada beberapa gejala sakit kepala pada anak yang sebenarnya bisa jadi tanda bahaya. Untuk mengatasi sakit kepala itu, anda sebagai orang tua harus mengetahui tanda-tanda sakit kepala yang di alami oleh sang buah hati.

Baca juga: Manfaar Air Kelapa Muda Untuk Wanita Hamil

Berikut tanda keluhan sakit kepala pada anak yang harus di waspadai oleh setiap orang tua

1. Sakit kepala disertai demam dan leher kaku

Apabila anak yang sedang sakit kepala tidak bisa mendongakkan lehernya ke atas atau menurunkannya ke bawah, atau ia juga tidak bisa menggelengkan dan memutar kepalanya, anda harus segera bawa dirinya ke rumah sakit terdekat.

Sakit kepala pada anak yang disertai demam dan leher kaki bisa menjadi pertanda meningitis. Meningitis adalah peradangan selaput otak yang bisa disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus. Bayi dan anak-anak sangat rentan terhadap meningitis karena sistem kekebalan tubuh mereka belum mampu melawan infeksi sebaik orang dewasa.

2. Sakit kepala di sertai muntah-muntah

Jika sakit kepala pada anak disertai dengan sering muntah-muntah tapi tidak menunjukkan gejala lainnya, seperti diare, ini mungkin disebabkan oleh peningkatan tekanan dalam otak (tekanan intrakranial). Terlebih jika rasa sakitnya semakin berat dari sebelum-sebelumnya. Segera bawa anak ke dokter jika mengalami kondisi ini.

3. Ketika sakit kepala sering sekali terjadi pada anak-anak

Jika anak sering sekali mengalami sakit kepala (lebih dari dua kali seminggu) atau sakit tersebut sampai membuat mereka kesulitan beraktivitas seperti biasanya, sebaiknya konsultasikan ke dokter mengenai kondisi anak anda.

4. Sakit kepala hingga membangunkan anak dari tidurnya

Ketika sakit kepala terasa sangat hebat sampai-sampai anak terbangun dari tidurnya, ini bukan tanda sakit kepala biasa melainkan penyakit serius yang harus segera ditangani. Sakit kepala juga bisa bertambah buruk ketika anak batuk, bersin, atau memijat kepalanya. Selain itu, mungkin juga disertai dengan mual dan muntah setiap kali anak mengalami sakit kepala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *