5 Cara Menggendong Bayi 4 Bulan Yang Benar

Cara Menggendong Bayi 4 Bulan – Dianugrahi seorang bayi tentunya menjadi harapan setiap pasangan suami istri, terlebih lagi jika pasangan itu baru saja menikah. Tentunya kedekatan antara orang tua dengan sang buah hati sangat lah di perlukan. Anda bisa sesering mungkin menggendong si kecil, dengan begitu pastinya kedekatan antara orang tua dan bayi akan semakin dekat dan erat. Namun jika ingin menggendong bayi tak dapat di lakukan secara sembarang, hal itu tentunya akan meberikan efek bagi tubuh si kecil.

Baca juga: Deretan Nama Bayi Laki-Laki Dalam Bahasa Belanda Beserta Artinya

Terlebih lagi jika sang buah hati masih berusia 4 bulan, di usaia ini. Sang buah hati masih rawan dengan yang namanya seperti terkilir ataupun cedera tulang ringan lainnya. Maka dari itu, di perlukan beberapa cara ataupun teknik yang benar ketika ingin menggendong sang buah hati. Berikut ini adalah berbagai cara menggendong bayi 4 bulan paling aman sehingga bayi akan merasa lebih tenang dan nyaman.

1. Menggendong Di Bahu Anda

Ini adalah salah satu posisi yang sangat baik untuk bayi anda yang berusia 4 bulan. Anda bisa berdiri sejajar dengan bayi kemudian angkat bayi menghadap ke belakang sisi anda dan letakkan pada bagian bahu anda. Posisi ini bisa membuat bayi akan melihat arah belakang anda. Kemudian jangan lupa untuk tetap memegang bagian kepala dan leher meskipun hanya dengan satu tangan. Ini bisa membuat anda mendengar detak jantung bayi anda dan membuat ikatan semakin dekat. Ini juga cara mencegah penyebab bayi muntah dari hidung setelah minum ASI atau susu formula.

2. Gendong Di Pangkuan Anda

Anda juga bisa untuk mencoba menggendong sang buah hati dengan tumpuan yang pada pangkuan anda. Letakan kaki anda sehingga memberikan rasa kenyamanan kepada bayi anda. Biarkan semua bagian paha bisa menopang tubuh bayi. Setelah itu letakkan bayi anda menghadap anda atau menghadap ke arah atas. Posisi kepala bayi harus berada di antara kedua lutut sehingga sangat aman. Nah posisi ini juga sangat aman untuk memberikan ASI dalam botol dan susu formula.

3. Gendong Pada Pinggul Bayi

Di usia menuju ke 4 bulan, beberapa organ tubuh si bayi tentunya akan menjadi lebih kuat. Dengan begitu anda bisa mencoba untuk menggendong si kecil dengan tumpuan pada pinggulnya. Namun anda juga bisa melakukan pada sisi tengah antara kedua kaki bayi. Tetapi ada yang perlu anda ingat, bahwa tindakan yang satu ini masih di kategorikan berbahaya jika di coba pada bayi anda yang masih berusia 4 bulan.

4. Gendongan Dari Wajah Menghadap Wajah

Hal yang paling nyaman untuk bayi adalah bisa melihat wajah orang tua yang menggendongnya. Jika begitu anda bisa mencoba langkah ini. Pegang bagian kepala dan leher bayi anda. Letakkan pantat bayi dipangkuan anda. kemudian hadapkan bayi ke arah anda dan mulai ajak bayi berbicara. Senyuman dan kata-kata sudah bisa menjadi cara melatih bayi cepat bicara.

5. Gendong Ke Arah Depan

Ada banyak bayi yang ceria dan tidak mau terlihat lesu. Cara untuk menggendong bayi ini adalah dengan menghadap ke depan sesuai keinginan bayi. Caranya adalah membuat bayi anda bersandar sepenuhnya di dada atau perut anda. Kemudian biarkan kepala bayi anda menempel di tubuh depan anda. Letakkan satu tangan di bagian dada bayi sehingga bayi aman dan tidak akan jatuh. Kemudian dukung pantat bayi dengan tangan anda dan biarkan bayi terlihat nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *