5 Penyebab Bayi Tak Berhenti Menangis Saat Malam Hari

Penyebab Bayi Tak Berhenti Menangis Saat Malam Hari – Ketika mendengar sang buah hati menangis secara tiba-tiba di malam hari, tentunya para orang tua akan merasa sangat ketakutan dan berfikir bahwa terjadi sesuatu pada sang buah hati. Namun jika bayi menangis secara tiba-tiba, hal tersebut tak perlu untuk begitu di takutkan. Karna pada umumnya bayi memanglah sangat sering menangis karna beberapa faktor yang membuatnya tak nyaman. Jika anda yang baru saja mempunyai bayi, dan sang bayi selalu menangis tanpa henti di malam hari, berikutlah faktor penyebabnya.

Baca juga: 

Penyebab Balita Tidak Ingin Makan Ikan Dan Cara Menanganinya

Tanda Perkembangan Bayi Berumur 6 Bulan

1. Sedang sakit

Tak jauh berbeda dengan orang dewasa, ketika sedang sakit tentunya kita akan merasa tidak nyaman dengan keadaan tubuh kita. Begitu juga pada sang bayi, ketika ia akan di serang dengan sakit, maka sang bayi akan selalu menangis karna ia merasa tak nyaman dengan keadaannya.

2. Merasa kesepian

Ada beberapa orang tua yang memang membiasakan bayinya untuk terbiasa tidur sendiri sejak sangat dini. Baik bayi yang ditidurkan dalam box bayi yang tentunya berbeda ranjang dengan orang tuanya ataupun bayi yang sudah diberi ruangan khusus tersendiri. Apabila bayi – bayi ini menangis pada malam hari, hal ini bisa saja karena mereka merasa kesepian. Pada siang hari mereka sudah terbiasa dengan kondisi yang ramai tetapi pada malam hari mereka merasa kesepian.

3. Merasa takut akan gelap

Mungkin sebagian besar dari kita sudah terbiasa dan membiasakan untuk tidur dengan kondisi ruangan yang gelap dengan mematikan lampu ruang tidur. Tetapi, biasanya kita juga akan menimang bayi hingga tertidur dalam keadaan ruangan yang terang. Akan ada banyak kemungkinan dimana bayi bisa terbangun dan merasa takut pada malam hari ketika ia melihat ruang tidurnya berada dalam keadaan yang gelap.

4. Popok penuh

Selanjutnya, apabila anda tidak menemukan tanda bahwa bayi sedang berada dalam kondisi sakit dan menangis, maka periksalah hal lainnya. Ketidaknyamanan yang dirasakan oleh bayi juga bisa disebabkan oleh popoknya yang penuh dan perlu diganti. Hal ini juga perlu anda cek secara berkala.

5. Keterbatasan gerak

Dalam tidurnya, bayi juga bisa bergerak atau berguling kesana kemari. Biasanya karena tidur malam akan membutuhkan waktu yang panjang maka para ibu akan meletakkan banyak guling ataupun bantal disekitar bayi agar ia tetap terjaga dengan aman. Tak jarang juga kita melakukannya dengan berlebihan dan hal ini malah membatasi ruang gerak bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *