6 Cara Alami Mengobati Sariawan Pada Bayi

Mengobati Sariawan Pada Bayi – Sariawan memanglah salah satu jenis penyakit tak berbahaya yang menyerang pada bagian bibir mulut. Namun anda tak perlu khawatir jika ada teman atau anggota keluarga lainnya yang terserang sariawan, karna pada umunya penyakit ini tak dapat menyerang. Penyakit ini dapat menyerang kepada siapapun, mau itu orang dewasa hingga anak kecil. Bahkan bayi pun dapat terserang penyakit yang satu ini.

Baca juga: Gejala Hamil Muda Selama 1 Bulan

Jika bayi telah terkena sariawan, maka tentunya sang bayi akan secara terus menerus menangis karna kesakitan. Penyebab sariawan pada bayi itu sendiri ada beragam. Hal ini dikarenakan bayi belum bisa memilah mana benda yang boleh dan tidak boleh dimasukkan ke dalam rongga mulutnya. Namun bagi anda orang tua tak perlu khawatir jika bayi anda terkena sariawan. Anda cukup menggunakan beberapa cara alami untuk mengatasi sariawan pada anak anda itu agar cepat di sembuhkan. Berikut cara mengobati sariawan pada bayi:

1. Mengoleskan minyak kelapa

Sariawan pada bayi bisa disembuhkan dengan bantuan minyak kelapa murni atau VCO. Hal ini dikarenakan minyak kelapa mengandung senyawa asam kaprilat. Senyawa ini mampu membantu mengusir jamur dan bakteri sehingga sariawan yang disebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri bisa lebih cepat sembuh. Karena merupakan bahan alami, maka minyak kelapa ini cenderung tidak menciptakan efek samping pada bayi. Cara mengoleskannya adala langsung ke rongga mulut bayi. Namun jika bayi masih terlalu kecil dan belum bisa diberikan secara langsung, maka minyak kelapa bisa dioleskan ke botol susu bayi, atau ke puting ibu menyusui. Cara itu akan membantu.

2. Gunakan Es batu

Apabila bayi sudah berumur lebih dari 1 tahun, anda bisa menggunakan es batu untuk menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkan dari sariawan. Caranya adalah dengan membungkus beberapa bongkah es batu dengan kain bersih dan lembut lalu tempelkan pada sariawan namun jangan menekan sariawan terlalu keras, cukup tempelkan saja. Rasa dingin yang dihasilkan dari es batu tersebut akan menghilangkan rasa sakit sekligus menyembuhkan sariawan.

3. Jemur bayi di matahari pagi

Jamur candida merupakan faktor yang menyebabkan sariawan pada bayi, namun jamur itu sangat rentan dan akan mati saat terkena sinar matahari pagi. Manfaatkan sinar matahari pagi dengan cara menjemur bayi selama beberapa menit dan biarkan rongga mulut bayi dalam keadaan terbuka sehingga bisa masuk dan membunuh bakteri penyebab sariawan.

4. Air kelapa

Air kelapa merupakan salah satu cairan yang sangat berkhasiat. Salah satunya adalah untuk meredakan sariawan. Jika bayi sudah memasuki usia di atas 6 bulan, maka yang perlu dilakukan hanya meminumkan beberapa sendok air kelapa dalam sehari. Cara ini akan berefek baik pada kondisi rongga mulut bayi.

5. Pisang dan madu

Jika bayi sudah memasuki usia di atas 1 tahun, maka cara ini sudah bisa dilakukan secara alami. Pisang yang digunakan adalah pisang ambon. Caranya adalah dengan mencampurkan pisang yang sudah dihaluskan dengan madu. Campuran tersebut bisa dioleskan langsung pada sariawan bayi. Atau, bisa juga diberikan kepada bayi sebagai bubur buah pisang dan madu untuk di konsumsi secara langsung oleh bayi.

6. Nitasin

Nitasin juga merupakan salah satu jenis obat yang cocok untuk sariawan yang disebabkan oleh infeksi jamur. Fungsinya adalah menghambat dan mematikan kinerja dan perkembangbiakan jamur pada rongga mulut. Obat ini cocok untuk anak ataupun bayi. Namun tetap konsultasikan dengan dokter karena obat ini juga tidak boleh diberikan kepada semua bayi. Dan amati kondisi bayi, apakah kira-kira bayi bisa diberikan obat ini, karena cara penggunaannya adalah dengan diteteskan langsung ke bagian sariawan (obat luar).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *