6 Cara Mengatasi Bayi Berumur 2 Bulan Yang Sulit BAB

Mengatasi Bayi Berumur 2 Bulan Yang Sulit BAB – Bukan hanya orang dewasa / orang tua yang dapat mengalami masalah dalam proses pencernaan. Bahkan bayi yang masih berusia dua bulan pun juga bisa mengalami masalah pencernaan. Mengapa demikian? kan makanan pada bayi pada usia dua bulan masih lembut dan mudah untuk di cerna. Hal itu di karenakan tubuh dan sistem organ bayi yang sedang beradaptasi untuk mencerna makanan dari luar, maka tidak heran apabila masalah pencernaan pada bayi seringkali ditemui. Tak semua bayi dapat mencerna seluruh makanan yang masuk ke dalam tubuhnya dengan baik.

Baca juga: 6 Cara Alami Mengobati Sariawan Pada Bayi

Maka dari itu, bagi anda yang ingin menambah wawasan mengenai kesehatan ataupun mengatasi masalah yang akan atupun pernah di alami pada setiap bayi. Disini saya akan memberitahukan sedikit mengenai cara mengatasi bayi yang masih berusia 2 bulan sulit melancarkn buang air besarnya (BAB). Berikut informasinya.

1. Mencukupi Kebutuhan Serat Bayi

Nah untuk yang satu ini tentunya menjadi tugas penting bagi orang tua, terutamanya pada seorang Ibu. Ibu perlu untuk memberikan bayi berbagai makananyang mengandung serat. Mungkin beberapa referensi tentang makanan bayi agar tidak sembelit juga bisa menjadi pilihan untuk ibu. Kebutuhan serat yang terpenuhi akan dapat membuat sistem pencernaan bayi menjadi lebih baik.

2. Membuat Bayi Aktif Bergerak

Pada saat bayi mengalami masalah dengan pencernaannya maka ada baiknya juga bayi memperoleh beberapa jenis olahraga yang bisa membantu melncarkan sistem pencernannya. Mungkin orang tua bayi bisa membantu untuk memberikan berbagai kegiatan dimana bayi bisa ikut aktif bergerak.

3. Memijat Perlahan Perut Bayi

Memijat perut bayi secara perlahan juga bisa membantu mengeluarkan kotoran dan memperlancar BAB pada bayi. Tetapi tentunya perlu diperhatikan juga beberapa cara melakukan pijat bayi yang benar agar hal ini bisa menjadi lebih efektif.

4. Memandikan Bayi Dengan Air Hangat

Cara mengatasi bayi yang sulit BAB umur 2 bulan selanjutnya adalah dengan memandikan bayi dengan air hangat. Air hangat dapat membantu melancarkan sistem peredaran darah bayi sehingga tubuh bayi bisa melakukan proses detoksifikasi dengan baik dan mengeluarkan kotoran dari tubuh bayi.

5. Memperhatikan Konsumsi Air

Tugas utama dari seorang ibu tentunya selalu memerhatikan asupan gizi kepada sang buah hatinya, salah satunya dengan melihat jumlah konsumsi air yang tiap harinya. Baik itu air mineral ataupun ASI yang anda berikan. Konsumsi air dapat membantu sistem pencernaan bayi menjadi lebih baik dan lancar karena sebagian besar tubuh mengandung air.

6. Mengurangi asupan karbohidrat

Selanjutnya, asupan karbohidrat pada bayi mungkin bisa dikurangi selama bayi masih mengalami masalah dengan pencernannya. Karbohidrat dikenal sebagai salah satu sumber energi bagi tubuh dimana ia memiliki waktu penguraian dalam pencernaan yang cenderung cukup lama dibandingan dengan bahan makanan yang lain. Atas alasan inilah mungkin konsumsi karbohidrat pada bayi bisa sedikit dikurangi sampai bayi bisa lancar dalam BAB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *