8 Makanan Sehat Untuk Bayi Berusia 9 Bulan

Makanan Sehat Bayi 9 Bulan – Setiap orang tua pastinya menginginkan bayinya tumbuh berkembang semakin besar dan selalu sehat. Kesehatan menjadi hal utama yang harus di jaga setiap orang tua yang telah memiliki seorang bayi yang lucu, bahkan kita yang telah beranjak dewasa pun harus tetap menjaga kesehatan. Makanan menjadi faktor utama yang memicu kesehatan tubuh bagi setiap orang termasuk pada bayi. Namun untuk bayi, makanan sehat seputunya di berikan ketika bayi telah memasuki usia 6 bulan keatas.

Baca juga: Makanan Yang Dapat Mengakibatkan Keguguran Pada Kandungan Ibu Hamil

Tetapi jika bayi telah memasuki usia 9 bulan, sang bayi pun tentunya memerlukan asupan gizi tambahan agar sang bayi dapat betumbuh menjadi anak yang sehat dan mulai bisa berinteraksi pada makanan tersebut. Makanan tambahan ini diberikan untuk mendukung kebutuhan nutrisi bayi dan mengajari bayi dalam menerima makanan. Berikut makanan sehat untuk bayi berusia 9 bulan.

1. Bubur Beras

Bubur yang berasal dari beras juga bisa menjadi pendamping sereal. Anda bisa mengolah bubur lembut dari beras putih atau beras merah, tapi lebih baik jika menggunakan beras merah. Saat memasak bubur maka bisa menambahkan beberapa perasa sup alami seperti beberapa jenis sayuran dan sumber protein. Olahan bubur harus lembut dan hindari pemakaian santan untuk bubur.

Organ pencernaan bayi belum bisa menerima santan karena masih sangat sensitif, seperti kondisi bayi tidak BAB seminggu. Ada banyak jenis bubur instan yang tersedia untuk bayi, namun anda bisa mengolah bubur sendiri jika ingin menghindari bahan tambahan makanan untuk bayi.

2. Brokoli

Brokoli tidak hanya penting untuk orang dewasa tapi juga sangat sehat untuk bayi. Brokoli menjadi sayur yang sangat menyehatkan dan menjaga bayi agar tidak mudah terkena infeksi dari bakteri dan kuman. Brokoli mengandung sebuah fitonutrisi dan zat fitokimia yang bisa mencegah kanker. Selain itu, brokoli mengandung zat hijau alami, beta karoten, glukosinat dan vitamin C. Konsumsi brokoli untuk bayi bisa diberikan selama dua atau tiga kali dalam seminggu dengan cara dikukus atau dimasak bersama bubur.

3. Bubur Tepung/Gandum

Bubur yang diolah dari tepung beras maupun gandum juga sudah bisa diberikan untuk bayi usia 9 bulan. Tepung beras harus diambil dari jenis berat sehat yang tidak disimpan dalam waktu lama. Anda bisa membuat tepung sendiri dari bahan beras pilihan misalnya tepung beras merah atau beras organik. Selain itu, ada jenis bahan tepung gandum khusus yang tersedia untuk makanan bayi. Ini jenis gandum yang diolah menjadi tepung siap saja.

4. Wortel

Orang dewasa biasanya memang tidak terlalu menyukai wortel karena rasa dan aromanya yang sedikit aneh. Untuk menghilangkan kebiasaan ini, maka bisa memperkenalkan wortel sejak bayi usia 9 bulan. Wortel adalah sumber gizi yang sangat baik untuk kesehatan. wortel mengandung beta karoten, vitamin A dan C, dan bahan antioksidan yang bisa menyerang radikal bebas dalam tubuh. Bayi usia 9 bulan membutuhkan wortel untuk mempertahankan kondisi kesehatan yang baik dan mengurangi potensi penyakit karena peradangan.

5. Alpukat

Alpukat adalah buah lembut yang sangat baik untuk bayi. Alpukat merupakan sumber nutrisi dengan kandungan protein yang tinggi, asam lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan dan sumber mineral. Manfaat alpukat ini juga mendukung pertumbuhan bayi karena mengandung kalori dalam jumlah yang tinggi.

6. Pisang

Pisang mengandung nutrisi penting untuk bayi seperti kalium , serat, vitamin B2 dan B6 serta vitamin C. kalium akan membantu tubuh bayi untuk mengendalikan tekanan darah yang sehat dan mendukung fungsi jantung. Sementara itu, konsumsi pisang juga bisa melindungi usus bayi karena mengandung serat dan zat yang bisa membantu produksi lendir yang mendukung pencernaan bayi. Pisang bisa diberikan secara berkala dan membuat bayi menjadi lebih sehat.

7. Pepaya

Pepaya menjadi buah lunak dan lembut yang bisa dimakan untuk bayi usia 9 bulan. Pepaya mengandung vitamin C dalam jumlah yang sangat tinggi, vitamin A dan juga vitamin E. Selain itu, manfaat buah pepaya untuk ibu hamil yang juga berguna bagi bayi, menjadi sumber asam folat dan mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Pepaya bisa diperkenalkan sebagai buah pertama untuk bayi.

8. Ikan

Ikan menjadi makanan yang sehat untuk bayi usia 9 bulan karena mengandung nutrisi penting seperti protein, vitamin, kalium dan juga omega 3. Beberapa jenis ikan yang disarankan untuk bayi adalah seperti salmon dan ikan sarden. Hindari memberikan ikan yang mengandung merkuri seperti jenis ikan laut liar. Ikan bisa dimasak menjadi campuran bubur atau ikan kukus, tapi hindari memberikan ikan yang digoreng untuk bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *