Agar Otak Bayi Cerdas, Makan Makanan Ini

Agar Otak Bayi Cerdas, Makan Makanan Ini

Agar Otak Bayi Cerdas, Makan Makanan Ini

Kebutuhan nutrisi bayi harusnya dimulai sejak dini hari, pas sedang hamil, setelah melahirkan dan daat menyusui pun harus tetap terjaga. Para ibu harus terusp mensuplay nutrisi terbaik untuk bayi agar ia tumbuh dengan baik dan sehat. Apalagi jika para ibu ingin si kecil dapat tumbuh jadi anak cerdas nantinya. Ada beberapa makanan yang bida jadi menu wajib untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi yang cerdas.

Menurut sebuah pedoman kesehatan yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics, mengingkapkan bahwa nutrisi seperti protein, seng, zat besi, folat, beberapa vitamin dan asam lemak tak jenih ganda sangat penting untuk perkembangan otak bayi. Kurangnya nutrisi ini dapat menyebabkan masalah fungsi otak pada kemudian hari.

Beberapa makanan yang memiliki nutrisi ini adalah telur, tahu, tempe, sayuran hijau dan daging. Para mama bisa mengkonsumsi banyak makanan ini selagi menyusui. Nutrisi dalam makanan akan disalurkan melalui asi yang diberikan setiap hari.

Banyak penelitian menyebutkan bahwa pemenuhan gizi di awal-awal usia bayi sangat penting membangun otak yang cerdas. Seribu hari pertama usia bayi adalah kesempatan yang harus benar-benar dimanfaatkan ibu untuk memberikan nutrisi terbaik.

Profesor pediatrik Dr. Sarah Jane Schwarzenberg mengungkapkan dalam Health.com bahwa air susu ibu adalah makanan utama bayi yang baru lahir hingga mereka mencapai usia enam bulan. Setelah itu, asi bisa didampingi dengan MPASI yang mengandung mineral zat besi dan seng yang membantu pertumbuhan tulang dan gigi bayi.

Setelah itu, Moms bisa membuatkan MPASI yang mengandung gizi seperti vitamin dan protein dari sayuran dan daging tanpa lemak yang dihaluskan hingga lembut. Dan penting sekali mengenalkan anak pada berbagai macam makanan sehat selama memberikan makanan pendamping asi.