BATUK BERDAHAK

Akibat Batuk Berdahak

Akibat Batuk Berdahak

Akibat Batuk Berdahak

Akibat Batuk Berdahak – Mengalami batuk sangatlah tidak mengenakkan. Tenggorokan terasa gatal, nyeri saat menelan, dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Belum lagi sakit di leher dan lecet karena batuk yang tak kunjung sembuh. Hati-hatilah, batuk memang tidak mematikan, namun bisa jadi merupakan gejala dari penyakit yang lebih serius.

Obat dokter tersebut Anda juga bisa mengobati batuk dengan obat tradisional yang alami. Dibandingkan dengan obat kimia, obat herbal mempunyai banyak keuntungan. Di antaranya: Terbuat dari bahan alami.

Sehingga tidak usah khawatir adanya efek samping Harganya lebih murah. Dan bahan-bahannya mudah ditemukan di pasar, supermarket, maupun dari kebun sendiri. Pembuatannya lebih mudah. Kebanyakan obat tradisional hanya perlu direbus daun atau buahnya

Untuk mengatasi batuk secara alami dengan cara yang umum, sebenarnya ada yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Air putih

Sering minum air putih, terutama ketika Anda mempunyai batuk berdahak. Air akan menetralisir rasa gatal di dalam tenggorokan, sekaligus mencegah lecet di dalamnya.

2. Makan permen

Permen, terutama permen dari bahan herbal seperti jahe akan membuat tenggorokan lebih lega.

3. Obat Batuk Berdahak

Batuk berdahak biasanya disertai dengan lendir, dan terjadi akibat adanya tetesan di bagian belakang hidung. Lendir yang menetes inilah yang membuat iritasi di bagian tenggorokan, merangsang batuk. Biasanya batuk jenis ini terjadi ketika sakit flu yang disebabkan oleh virus. Batuk seperti ini juga menyebabkan dada terasa sakit dan sulit tidur. Namun batuk berdahak cukup mudah untuk diatasi. Inilah beberapa obat alami yang bisa membantu Anda:

4. Teh jahe

Seduh teh hangat, potong-potong jahe 2-3 iris dan bersihkan. Campur jahe dengan teh, lalu minum 2-3 kali dalam sehari secara rutin. Minuman ini cukup ampuh mengobati batuk berdahak.

5. Belimbing wuluh

Untuk mengobati batuk yang disertai dahak, siapkan belimbing wuluh sebanyak 10 buah, bersihkan, dan parut sampai halus. Masukkan parutan belimbing dalam gelas, tambahkan air dan garam sejumput. Aduk rata, saring, dan minum air saringan 2 kali, pagi dan sore.
6. Jeruk nipis – Buah yang kaya akan khasiat ini juga dapat dijadikan sebagai obat batuk tradisional. Peras jeruk nipis, campur dengan madu atau kecap menggunakan takaran 1 banding 1. Minum 2-3 kali dalam sehari.

7. Kunyit

Tumbuk kunyit sampai halus, lalu ambil dengan takaran ½ sendok teh. Campurkan dengan madu, lalu masukkan ke dalam segelas susu. Minumlah secara teratur untuk mengatasi batuk berdahak.

8. Obat Batuk Kering

Batuk kering adalah batuk yang diderita seseorang tanpa adanya dahak atau lendir. Biasanya batuk seperti ini terjadi karena adanya gangguan dalam sistem pernapasan Anda. Karena tidak adanya dahak, maka batuk ini biasanya terasa sangat menyakitkan, dan jika tidak ditangani dengan cepat bisa menyebabkan luka atau iritasi di dalam tenggorokan. Bahkan batuk ini juga bisa mengancam daerah pita suara dan perut.

9. Jahe merah

Jahe merah adalah jenis jahe yang paling berkhasiat, termasuk dalam meredakan batuk. Ambil jahe merah sebesar satu ruas ibu jari, kunyah-kunyah sampai halus, dan telan air yang keluar. Setelah itu, buang ampasnya.

Cara Mencegah Batuk

Berhubung Anda pasti sudah tahu betapa mengganggunya batuk dalam aktivitas sehari-hari, maka Anda perlu mencegahnya supaya tidak terjadi. Hal ini bisa dilakukan dengan

  • Sering berkumur dengan air garam, karena garam mengandung antiseptik dan bisa menyedot cairan yang berlebih dari dalam tenggorokan.
  • Hindari debu dan asap, terutama ketika Anda sedang berada di luar rumah. Pakailah masker.
  • Kurangi mengonsumsi alkohol dan rokok, karena kedua hal tersebut akan memicu penyakit di organ tubuh dan membuat Anda sering batuk-batuk.
  • Minum air putih banyak-banyak, 2 liter dalam sehari, untuk melarutkan racun dari tubuh.

Batuk selama ini dikenal mempunyai masa sembuh yang cukup lama, bahkan bisa sampai berminggu-minggu. Biasanya, batuk ini sendiri tidak berbahaya, namun yang patut diwaspadai adalah kenapa Anda bisa terkena batuk tersebut. Jadi, jagalah kesehatan, sering periksa ke dokter secara teratur, dan jangan lupa, konsumsi makanan yang sehat dan air putih.

Baca Artikel Menarik Lainnya : Ciri-Ciri Pusing Yang Dialami Saat Hamil

Author: jordan smith