Akibat Penyakit Kulit Gatal – Gatal

Akibat Penyakit Kulit Gatal - Gatal

Akibat Penyakit Kulit Gatal – Gatal

Gatal merupakan perasaan yang secara otomatis atau refleks menuntut seseorang untuk menggaruk. penggaruk inilah yang menyebabkan kulit menjadi merah yang di sebabkan oleh iritasi, gatal terjadi karena adanya reaksi alergi bahan kimia, makanan, di gigit nyamuk, sinar matahari, dna obat – obatan.

meskipun gatal bukanlah penyakit yang mengkhawatirkan, tapi jika di biarkan maka akan mengalami masalah yang lebih serius, seperti luka garukan, menjadi infeksi, bakteri dan virus menjadi mudah amsuk sehingga menyebabkan nanah. hal inilah yang bisa masuk kebagian tubuh lainnya dan berakibat fatal bahkan kematian.

ada beberapa obat sejenis gatal yang bisa menghilangkan rasa gatal ayng ada pada tubuh kita, yaitu :
> untuk mengatasi gatal yang disebabkan oleh jamur adalah menggunakan salep. Memang salep merupakan obat pertama yang akan diambil ketika seseorang mengalami gatal-gatal. Misalnya saja adalah salep banyak digunakan sebagai cara menghilangkan kurap yang efektif dan juga sebagai cara menghilangkan panu di wajah paling cepat.

Salep memang menjadi alternatif pilihan pertama ketika seseorang bermasalah dengan kulitnya baik kulit tubuh maupun kulit wajah. Jika anda gatal-gatal yang diakibatkan oleh jamur anda bisa memilih salep jamur yang didalamnya mengandung fungasol, mizonazole dan juga ketoconazole. Anda cukup mengoleskan salep tersebut di bagian kulit anda yang gatal dan ditumbuhi dengan jamur.

> Anda bisa menghilangkan gatal yang ada di kulit anda menggunakan obat anti gatal. Mungkin banyak diantara anda yang memilih obat oral dibandingkan dengan obat oles hal itu dikarenakan anda tidak suka dengan rasa lengket yang ada di kulit anda akibat obat oles. Tenang saja, anda bisa menemukan obat pereda gatal di apotek maupun toko obat yang ada di dekat rumah anda. Obat pereda gatal yang bisa anda konsumsi adalah cetirizine HCL, 10 miligram. Pengkonsumsian obat ini ada baiknya diminum selama seminggu sekali sampai rasa gatal tidak muncul kembali. Alangkah baiknya jika anda mengkombinasikan obat oles dan juga obat oral secara bersamaan.

> untuk menghilangkan gatal yang menimpa anda adalah dengan menggunakan sabun antiseptik. Memang sabun yang bersifat antiseptik bisa digunakan untuk menghilangkan gatal dengan membunuh kuman penyebab rasa gatal. Jika kuman penyebab gatal itu mati dan menghilang tentu saja rasa gatal yang anda alami menjadi berkurang dan mereda. Saat ini ada sabun antiseptik batangan dan juga cair yang ada di pasaran.

Untuk menghilangkan gatal yang ada di kulit dan menimbulkan ruam ada baiknya anda memilih menggunakan sabun yang batangan, sedangkan sabun antiseptik yang bersifat cair sebaiknya digunakan untuk cuci tangan. Cara mencuci tangan yang benar dan steril salah satunya adalah menggunakan sabun antiseptik. Mencuci tangan menggunakan air biasa saja tidak cukup sebab air biasa tidak bisa membunuh kuman yang menempel di telapak tangan anda.

> Medis juga akan melakukakan terapi cahaya atau fototerapi untuk menghilangkan gatal yang ada di tubuh anda. Rasa gatal itu bisa diredakan dengan rasa panas yang dihasilkan oleh alat terapi tersebut. Anda tidak akan merasakan gatal setelah beberapa saat melakukan terapi tersebut.

> Agar rasa gatal yang anda alami tidak terlalu parah anda bisa menahan diri anda untuk tidak menggaruknya. Menggaruk bisa menyebabkan rasa gatal yang ada di kulit semakin menyebar sehingga anda akan semakin tersiksa dengan rasa gatal yang semakin menjadi di kulit anda. Tidak hanya itu saja bagi anda yang menggaruk kulit anda yang gatal dengan kuku yang panjang justru akan merusak jaringan kulit anda sehingga kulit anda akan rusak dan bahkan lecet.

> Untuk mengatasi gatal yang ada di lekukan tubuh anda, anda bisa menaburkan bedak di sekitar lekukan kulit anda. Hal itu dikarenakan bedak mampu mencegah terjadinya perkembangan kuman dan bakteri penyebab gatal. Namun yang harus anda perhatikan adalah partikel bedak tersebut jangan sampai masuk ke dalam hidung maupun masuk ke organ genital anda. Jika hal itu terjadi anda justru akan mendapatkan penyakit baru akibat partikel bedak yang masuk ke dalam tubuh anda.

> Bagi anda yang merasakan gatal akibat biang keringat anda bisa menggunakan bedak dingin yang dijual di pasar tradisional. Bedak dingin selain bisa digunakan sebagai cara mengatasi alergi dingin, bedak dingin juga bisa digunakan untuk mengatasi gatal yang disebabkan oleh biang keringat dan lain sebagainya. Bedak dingin ini bentuknya seperti kapur dan berwarna putih, namun ketika dicampurkan dengan air bedak tersebut akan mencair. Setelah mencair anda bisa mengoleskannya ke bagian tubuh yang gatal. Sayangnya mengatasi gatal menggunakan bedak dingin tidak bisa digunakan untuk seluruh tubuh melainkan pada bagian tubuh tertentu saja yang merasakan gatal.

> Bagi anda yang merasakan gatal akibat biang keringat atau keringat yang berlebihan di tubuh anda, anda bisa menggunakan tepung kanji. Orang jaman dulu suka menaburkan tepung kanji di bagian kulit yang terkena biang keringat atau terasa gatal. Hal itu dikarenakan tepung kanji mampu menyerap keringat sehingga rasa gatal yang diakibatkan oleh produksi keringat yang berlebihan bisa diatasi dengan tepung kanji tersebut.

> Untuk meredakan gatal secara alami anda bisa menggunakan pakaian longgar. Orang sering merasakan gatal di seluruh tubuhnya akibat keringatnya sendiri. Produksi keringat yang berlebihan bisa memicu perkembangan kuman dan bakteri. Oleh sebab itu jika anda menggunakan pakaian yang ketat anda akan semakin berkeringat. Menggunakan pakaian yang longgar dan menyerap keringat dipercaya bisa meredakan gatal dan mengobati gatal yang diakibatkan oleh produksi keringat yang berlebihan.

> Kulit yang kering bisa menyebabkan rasa gatal di kulit baik itu wajah maupun di bagian tubuh. Bagi anda yang merasakan gatal di bagian wajah bisa jadi anda mengalami kulit yang kering di bagian wajah. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan pelembab khusus untuk kulit kering. Pelembab itu mampu meredakabn rasa gatal yang disebabkan oleh kulit wajah yang kering.

> Bagi anda yang sedang terkena gatal-gatal ada baiknya anda menghindari panas terlebih dahulu. Alasannya adalah membiarkan tubuh dan kulit anda terkena panas akan membuat anda menjadi berkeringat, padahal keringat bisa memicu pertumbuhan dan perkembangbiakan kuman dan bakteri sehingga rasa gatal yang anda alami akan semakin menjadi. Tidak hanya itu saja, paparan sinar matahari secara langsung ke kulit anda akan membuat kondisi kulit anda kering. Kulit yang kering akan rentan untuk terkena gatal-gatal.

> Untuk meredakan rasa gatal akibat gigitan serangga anda bisa menggunakan balsam untuk meredakan dan menghilangkan rasa gatal yang ada di kulit anda. Alasannya adalah rasa dingin akibat kandungan menthol yang ada pada balsam tersebut berguna untuk mengurangi rasa gatal dan menghilangkan rasa gatal akibat bekas gigitan serangga.

> Timun juga dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi gatal-gatal. Rasa dingin dan menyegarkan pada timun bisa digunakan sebagai penghilang rasa gatal. Cara menghilangkan gatal menggunakan timun sangat mudah yaitu dengan menumbuknya agar halus kemudian menempelkannya pada kulit yang terasa gatal.

Anda bisa memilih cara medis atau cara alami untuk bisa menghilangkan rasa gatal yang anda alami. Setiap cara yang anda pilih memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing. Jika rasa gatal anda tidak berkurang sedikitpun namun malah bertambah parah anda harus segera berkonsultasi ke dokter. Bisa jadi rasa gatal yang anda alami bisa dikarenakan karena penyakit yang lebih serius. Penyakit yang serius itu tidak bisa dihilangkan menggunakan obat gatal gatal biasa namun harus disertai dengan berbagai obat yang lain.

Author: jordan smith