Apa Saja Manfaat Dari Daun Cincau

Apa Saja Manfaat Dari Daun Cincau

Apa Saja Manfaat Dari Daun Cincau

Daun cincau dapat kita temukan dengan mudah karena bisa tumbuh dengan liar di pekarangan. Bagi masyarakat luas, daun cincau ini dapat dikonsumsi sebagai pengobatan tradisional berbagai penyakit. Berikut ini manfaat daun cincau yang disesuaikan dengan kebutuhan dan berbagai permasalahan medis yang sering terjadi di masyarakat.

Ada juga beberapa manfaat yang ada di dalam daun Cincau ini untuk bisa menjadi sebagai bahan pengobatan atau untuk kesehatan tubuh, yaitu memiliki beberapa manfaat dari :
1. Obat Anti Inflamasi
Cincau mengandung zat klorofil cukup besar pada daunnya. Zat ini dapat meredakan peradangan yang terjadi akibat bakteri atau kuman pada bagian tertentu. Untuk manfaat ini, daun cincau dapat ditumbuk dan diberi sedikit garam kemudian dioles pada bagian yang sakit 3 kali sehari.

2. Obat Demam
Daun cincau mengandung saponin dan manfaat antioksidan yang berperan untuk menurunkan demam. Minum air rebusa cincau setelah air disaring dua kali sehari.

3. Obat Diabetes Mellitus
Daun cincau memiliki kandungan senyawa berupa bisbenzilsokuinolin dan klorofil yang bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula dalam darah. Hal tersebut kemudian akan memperbaiki kinerja hormon insulin pankreas dalam mengatur kadar gula darah. Jika mengkonsumsi air rebusan daun cincau ini secara teratur, sebanyak 200 ml 2 kali sehari.

4. Obat Radang Lambung
Kandungan vitamin C dan manfaat antioksidan dalam daun cincau akan membantu klorofil untuk mengatasi radang lambung yang dialami oleh seseorang yang memiliki kelainan pada asam lambungnya. Senyawa-senyawa tersebut, akan menguatkan otot dinding lambung untuk membunuh bakteri yang menyebabkan penyakit pada lambung. Untuk mengobati radang lambung, dapat mengkonsumsi rebusan daun cincau sebayak 2 kali sehari.

5. Obat Penyakit Hipertensi
Senyawa S-S tetandrin juga bermanfaat untuk mengobati hipertensi. Senyawa ini dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah sehingga darah akan mengalir lebih lancar. Sistem peredaran darah yang lancar, akan mengatasi tekanan darah yang semula tinggi dan kembali normal. Untuk mengobati darah tinggi, daun cincau baik dikonsumsi 3x seminggu.

6. Obat Keracunan Akibat seafood
Manfaat makanan laut memang sangat baik untuk tubuh, namun makanan seperti udang dan cumi dapat menimbulkan keracunan. Senyawa antioksidan di daun cincau dapat membantu orang yang mengalami keracunan seafood. Cara menggunakan daun cincau sebagai obat keracunan, remas 5-10 lembar daun cincau hingga air yang dihasilkan berwarna hijau. Kemudian minum ramuan ini dengan menggunakan gula jawa.

7. Obat Sakit Tipes
Senyawa tokoferol, mineral fosfor dan antioksidan dari daun cincau dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh bagi yang menderita penyakit tipes. Konsumsi rebusan daun cincau ini, sebanyak 3 kali sehari.

Itulah Beberapa manfaat yang terdapat dari Daun Cincau untuk kesehatan tubuh, dan jika anda ada mengalami gejala penyakit salah satu dari yang di atas anda bisa mencoba konsumsi daun Cincau ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *