Apakah Anak Boleh Menggunakan Teknologi?

Apakah Anak Boleh Menggunakan Teknologi?

Apakah Anak Boleh Menggunakan Teknologi?

Apakah Anak Boleh Menggunakan Teknologi? – Banyak orang yang mengatakan bahwa anak yang masih di bawah umur 10 tahun. Tidak di perbolehkan untuk bermain komputer atapun teknologi yang lain.

Namun sekarang sudah banyak anak – anak yang telah menggunakan teknologi baik di rumah, ataupun di warnet lho. Namun sekarang yang harus kita perhatikan itu adalah pada saat anak kecil menggunakan teknologi untuk apa sih.

Baca Artikel Menarik Lainnya : Tanda Perkembangan Bayi Berumur 6 Bulan

Yang harus kita ketahui itu adalah rata – rata anak sekarang menggunakan teknologi itu. Hanya membuat hiburan, sering bermain game.

Namun teknologi yang harus di gunakan itu gimana cara mengajarkan anak dengan menggunaakn teknologi yang benar? Inilah beberapa tips yang akan kami memberikan, yaitu :

1. Jadwalkan Waktu Agar Anak Bisa Bermain dengan Teknologi

Teknologi adalah sarana belajar yang menyenangkan. Berbagai gambar animasi yang warna-warni dan bisa bergerak adalah salah satu yang menjadi daya tarik. Semua anak pasti senang jika belajar menggunakan laptop. Maka jangan sia-siakan kesempatan ini. Anda bisa menyisipkan berbagai macam aplikasi bermain dan belajar di dalam gadget. Inilah cara memanfaatkan teknologi untuk anak yang pertama.

2. Variasikan Teknologi yang Ada

Cara memanfaatkan teknologi yang kedua adalah dengan memberikan variasi. Setelah anak mengenal satu macam permainan, maka unduhlah media pembelajaran yang lainnya, yang sekiranya bervariasi dan bisa memperluas wawasan anak. Misalny

3. Jangan Lupa Membuat Aturan & Batasan

Buatlah jadwal khusus untuk anak dalam bermain teknologi. Anda bisa memberikannya setiap hari, namun dalam jangka waktu yang dibatasi, misalnya saat sore hari setelah ia mandi, atau siang hari setelah ia pulang dari sekolah. Anda bisa memberikannya waktu 1-2 jam saja. Anda juga bisa mendowload aplikasi parental control untuk membantu Anda dalam membatasi berapa lama anak bermain dan permainan apa saja yang boleh dimainkan sesuai dengan umurnya.

4. Lakukan Hanya Sesuai Porsi

Jangan hanya memberikan waktu bermain menggunakan teknologi saja. Namun berikan waktu agar ia keluar bermain bersama teman, melakukan olahraga, berjalan-jalan ria, dan mengeksplore semua yang ada di sekitarnya. Itu adalah cara memanfaatkan teknologi untuk anak dengan tepat.

5. Berikan Rangsangan Kognitif

Cara memanfaatkan teknologi yang selanjutnya adalah dengan memberikan rangasangan kognitif. Agar kegiatan belajar dengan menggunakan teknologi kian menarik dan tidak membosankan, downloadlah sebuah cerita dari internet. Baakan cerita kepada anak sesuai dengan intonasi dan karakter yang digambarkan dalam cerita tersebut. tambah baik lagi jika dilengkapi dengan gambar. Dengan demikian, Anda sudah meningkatkan kemampuan anak dalam berpikir, memecahkan masalah sederhana, serta mencerna informasi dengan baik.

6. Mengasah Kemampuan Motorik Anak

Ternyata saat anak menekan tombol keyboard, menyentuh layar gadget, atau menggerakkan jari untuk menyentuh mouse, bisa memberikan tambahan fungsi motorik. Gerakan itulah yang bisa melatih ketajaman koordinasi antar mata dan tangan.

Sangat penting semua orang tua untuk belajar teknologi dan mengetahui cara memanfaatkan teknologi. Ikutilah kemajuan teknologi yang ada sekarang ini, karena anak-anak akan terlibat aktif ketika bermain laptop, maka jangan lupa untuk terus mengawasi dan ikut saat menggunakan teknologi.

Author: jordan smith