Apakah Anak Tidur Sering Berkeringat?

Apakah Anak Tidur Sering Berkeringat?

Apakah Anak Tidur Sering Berkeringat?

Apakah para orang tua ada yang sering melihat anaknya sedang tidur akan tetapi mengeluarkan keringat? mungkin faktor terhadap anaknya tersebut mengeluarkan keringat akibat dalam ruangan kamarnya tidak dingin atau udara nya sangat panas jadi sehingga membuat anaknya tidur dengan keluar keringat. dan kalau seandainya bayi anda tidur dengan ruangan yang full ac dan memiliki udara yang sejuk akan tetapi tidur mengeluarkan keringat, apakah anda mengetahui dengan anak anda? Hal ini memang wajar terjadi pada bayi, namun dalam beberapa kasus hal ini dapat menjadi gejala kondisi serius.

jadi akan kami memberikan beberapa pendapat untuk anda mengapa anak anda tidur di dalam ruangan full ac tapi masih mengalami mengeluarkan keringat pada saat tidur, yaitu dengan penyebab :
1. Gerah
Ketika lingkungan sekitar bayi lembap atau panas, maka hal ini dapat membuat bayi merasa gerah dan berkeringat. Hindari menyelimuti bayi dengan lapisan selimut yang tebal atau berlapis-lapis, serta hindari bedong bayi yang terlalu tebal.

2. Demam
Demam dapat menyebabkan badan bayi berkeringat karena mengimbangi suhu tubuh yang tinggi. Saat bayi berkeringat, periksa suhu bayi apakah disertai demam atau gejala lainnya.

3. Mimpi buruk
Anak-anak yang bermimpi buruk umumnya juga mengeluarkan keringat dingin pada beberapa anggota tubuh.

4. Sistem saraf belum sempurna
Pada bayi, sistem saraf mereka kadang belum berkembang secara sempurna sehingga pengaturan suhu tubuh belum optimal. Kondisi ini umumnya akan membaik sebelum bayi berusia 1 tahun.

Hal Yang perlu waspada jika bayi sering berkeringat saat malam?
> Bayi yang sering berkeringat saat malam bisa jadi gejala kondisi serius, di antaranya:
1. Hiperhidrosis
Jika bayi terus berkeringat meskipun dalam ruangan yang dingin, kemungkinan ia mengalami hiperhidrosis yaitu mengeluarkan keringat berlebihan. Umumnya hal ini juga dialami oleh orang dewasa dan ditandai dengan gejala tangan dan kakinya selalu berkeringat.

2. Sleep apnea
Keringat berlebih saat tidur merupakan salah satu tanda anak mengalami sleep apnea, yaitu gangguan saluran pernapasan saat tidur. Penderita sleep apnea dapat berhenti bernapas selama 20 detik saat tidur lalu kembali bernapas lagi. Umumnya sleep apnea dialami oleh bayi prematur.

3. Beberapa kondisi kanker
Berkeringat saat malam umumnya merupakan salah satu gejala kanker seperti leukemia, Hodgkin’s lymphoma, dan non-Hodgkin’s lymphoma.

Jika Anda merasa keringat berlebih ini mengganggu atau tidak mereda dalam beberapa bulan serta diiringi gejala lain seperti demam, mual dan diare, berat badan turun, maka sebaiknya segera hubungi dokter agar segera di tangani dan cepat kembali normal.