Apakah Itu Sendawa Bagi Bayi?

Apakah Itu Sendawa Bagi Bayi?

Apakah Itu Sendawa Bagi Bayi?

Ketika bayi mengalami Sendawa ini banyak yang di khawatirkan dari ke dua orang tua, namun hal ini jangan perlu di khawatirkan, karena Sendawa ini setelah minum susu bahkan pada saat kondisi tertentu dapat bersamaan dengan gumoh yaitu akan mengeluarkan cairan susu dari mulut bayi.

Sendawa terhadap bayi ini karena terjadi adanya ujung akhir saluran penernaan yang terdapat otot yang di miliki dari fungsi mengatur isi perut agar menahan agar makan/minum yang dikonsumsi bayi tidak kembali. Proses menahan makan/minum yang dilakukan otot perut disebut mekanisme ventil. Mekanisme ventil pada bayi belum sempurna ini karena pada usia bayi lahir masih butuh penyesuaian dengan sistem pencernaan bayi.

Apakah anda mengetahui bahwa Sendawa ini sangat bermanfaat untuk bayi?pada saat ibu memberikan susu bayi sangat sering kali udara ikut masuk bersama susunya sehingga membuat Volume udara ikut di telan oleh sang bayi. apabila anda memberikan susu terhadap bayi dengan posisi yang kurang tepat atau ketidaknyamanan hal tersebut bisa mengalami akibat bayi menangis ketika mendapatkan ASI.

Dengan Memberikan sendawa ini terhadap bayi agar untuk membantu untuk melepaskan semua gelembung udara yang membuat bayi tidak nyaman dan Sendawa juga akan kesehatan bayi agar tidak terjadi mengalami gumoh. Gumoh ini adalah kondisi dimana bayi yang akan mengeluarkan cairan terhadap di mulutnya. Dengan Sendawa ini akan mengurangi gumoh yang terjadi pada saat ibu menyusui bayi.

Manfaat Sendawa lainnya yang bermanfaat terhadap bayi itu adalah untuk mengurangi bayi yang Rewel ketika kondisi perut yang tidak aman. Bayi yang mengalami perutnya kembung itu akan membuat ketidaknyaman terhadap bayi dan akan mengalami sering menangis. pada saat bayi sedang berusia dari 0 – 9 bulan ini para orang tua masih belum bisa untuk memberikan Sendawa karena gerakan terhadap bayi ini hanya berbaring. Dengan demikian untuk membuat bayi sendawa pada saat berusia 0 – 9 bulan ini harus di perlukan posisi yang untuk membantu bayi sendawa tersebut.

Berikut Adalah akan memberikan jenis posisi yang membuat bayi sendawa :
1. Posisi menghadap ke belakang
Anda dapat meletakan anduk kecil di bahu untuk menahan muntahan bayi. Kemudian gendong bayi untuk menghadap ke belakang dengan menopang ke bahu anda. Selanjutnya tegakan tubuh dan biarkan untuk menyandarkan kepala bayi di bahu anda selanjutnya anda dapat menggunakan satu tangan untuk menahan tengkuk dan bokong bayi, sedangkan pada tangan satunya lagi anda dapat mengelus-ngelus sampai bayi anda bersendawa.

2. Posisi tengkurap di pangkuan
Anda dapat membuat bayi anda tengkurap di atas pangkuan anda. Selanjutnya anda dapat menopang dada bayi dengan tangan agar kepala lebih tinggi denga tubuhnya. Selanjutnya elus-elus punggung hingga bayi bersendawa.

3. Posisi digendong di depan
Anda dapat menggendong bayi dengan cara menyangga di tengkuk dan bokong. Kemudian usahakan agar kepala bayi sedikit lebih tinggi selanjutnya anda letakan handuk kecil di dadanya untuk menampung muntahan. Terakhir anda dapat mengelus-ngelus punggung bayi anda hingga bersendawa.

Posisi membuat bayi sendawa akan berlangsung minimal 0-4 bulan. Pada dasarnya usia 4 bulan bayi sudah dapat bersendawa tanpa perlu bantuan menggunakan posisi posisi di atas.

Author: jordan smith