Cara Agar Anak Mau Makan Sayur

Cara Agar Anak Mau Makan Sayur – Banyak jenis sayur yang bisa di olah menjadi makanan sehat untuk orang tua mau pun anak. Dengan memakan sayur akan memberikan nilai nutrisi yang sangat baik pada tubuh, maka dari itu, setiap orang yang sering memakan sayur pastinya jarang di serang oleh penyakit. Nah untuk membuat anak makan sayur merupakan hal yang cukup sulit dilakukan oleh setiap orang tua. Karna pada dasarnya anak-anak itu tidak suka memakan sayur, mereka lebih dominan untuk memakin gading ayam ataupun ikan. Bagi orang tua yang kesulitan dengan anak yang tidak mau makan sayur, anda dapat menerapkan cara ini agar sang buah hati mau untuk merasakan sayuran yang baik untuk kesehatan sang buah hati.

Baca juga: Tips Dalam Merawat Bayi Baru Lahir

Sajikan sayur dengan menarik

Warna-warni dari sayuran sebenarnya bisa menjadi senjata anda. Namun, potongan brokoli atau wortel yang besar dan cukup keras untuk gigi dan rahang anak tentunya akan menghancurkan selera makan mereka. Potong sayuran menjadi potongan-potongan kecil dengan bentuk yang menarik dan masak hingga cukup lunak dan tidak pahit untuk indra perasa anak.

Jika anak anda belum bisa menoleransi sayuran berbumbu berat (misalnya yang bersantan), sajikan beberapa pilihan sayuran rebus dengan bentuk yang ia gemari. Jika ia menghabiskan wortelnya tetapi tidak menyentuh kacangnya, bersyukurlah dan pikirkan kembali cara lain untuk menyajikan kacang-kacangan.
Jangan menyerah, karena ada banyak cara untuk menawarkan sayur kepada anak anda.

Samarkan Sayuran

Terkadang anak akan memilih makanan yang berhubungan dengan daging, contohnya nugget. Maka anak akan memilih nugget daripada kembang kol di piringnya hanya karena tahu bahwa yang berwarna hijau adalah sayur yang terpaksa ia makan. Ubah penampakan sayur dan samarkan menjadi makanan yang akan anak raih secara sukarela.

Buatlah nugget sendiri dan campurkan bayam ke dalamnya, atau buat burger dengan menukar daging dengan jamur tumbuk. Masak sayur menjadi sup lezat, dan jika jus buah dan sayur masih kurang menarik bagi anak anda, bekukan di freezer dan sajikan dalam bentuk es krim. Anda bahkan bisa mempelajari trik dari cara masak vegetarian untuk membuat sayur tampak dan terasa lebih menarik bagi anak.

Olah sayuran menjadi cemilan

Jika anak anda hanya mengigit sedikit sayurnya saat makan siang, pastikan makanan selingannya cukup bergizi. Untuk camilan, buatlah sendiri kue-kue ringan berbahan sehat dengan sedikit gula. Pangganglah biskuit dengan perasa kayu manis dan serpihan kacang, buatlah roti lapis dengan selada dan pisang, dan masaklah pancake dengan campuran apel dan daun mint.

Daripada donat berbalut gula halus, buatlah bolu sayuran atau banana bread, atau ganti pisang dengan bahan sehat lainnya seperti wortel atau bayam. Anda juga bisa mengubah sayur dan buah-buahan menjadi jus, smoothies, ataupun puding sehat. Ingatlah bahwa masakan sayur bukanlah satu-satunya cara untuk mengolah bahan makanan sehat tersebut.

Tambahkan penambah rasa

Penambah rasa yang di maksud bukanlah MSG ataupun sirup manis, tetapi penambah rasa seperti selai, salad dressing, atau gula merah. Terkadang, sayuran tertentu terlalu pahit bagi indra perasa anak, terutama jika anak anda memiliki indra perasa yang sensitif. Ada juga anak yang tidak mau menyentuh sayur karena rasanya hambar.

Anda bisa mengakalinya dengan menyajikan beberapa pilihan sayuran rebus dengan salad dressing, selai atau saos tomat, dan mencelupkan buah-buahan ke dalam yogurt atau madu. Jika harus menggunakan sirup, buatlah sendiri dari buah-buahan tanpa pemanis buatan. Seiring bertambahnya usia, anak anda tidak akan membutuhkan penambah rasa lagi karena lidahnya akan terbiasa menoleransi rasa hambar atau pahit dari sayur.

Pastikan sayuran selalu terlihat

Lemari pendingin memiliki kompartemen khusus untuk sayuran dan buah-buahan, meski sedikit tersembunyi. Agar selalu terlihat, simpanlah sebagian besar sayuran di kompartemen dan keluarkan beberapa diantaranya. Orang yang berpikir bahwa vegetarian dan vegan hanya makan selada dan salad tomat salah. Ada sejuta resep yang bisa kita buat untuk mengolah sayuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *