Cara Alami Mengatasi Pilek Pada Bayi

Cara Alami Mengatasi Pilek Pada Bayi – Penyakit pilek bisa menyerang siapapun itu, mau dari usia yang tua hingga yang paling mudah. Bahkan pilek pun dapat menyerang bayi yang baru saja lahir dari kandungan ibunya. Penyakit ini pastinya menyerang organ tubuh bagian hidung, tentunya pernapasan pada hidung akan sangat terganggu. Jagankan pada bayi, jika orang dewasa terkena pilek saja sudah merasakan hal yang sangat tidak nyaman. Hal itu tentunya akan membuat para orang tua merasa sangat sedih jika anaknya terserang penyakit tersebut.

Baca juga: Penyakit Umum Di Derita Balita Dan Cara Menanganinya

Biasanya bayi yang terserang pilek akan menangis terus menerus karena tidak nyaman bayi akan terserang, demam, batuk, tidak nafsu makan dan tubuh bayi terlihat sangat lemah. Hal tersebut harus segera di atasi oleh peran orang tua, karna dapat menggangu kesehatan bayi, seperti berat badan bayi tidak akan bisa bertambah. Nah peran seorang ibu dalam kasus penyakit satu ini yang menyerang bayi haruslah bertindak cepat untuk mengatasinya. Berikut cara alami untuk mengatasi pilek pada bayi anda.

Berikan ASI

Hal yang paling penting untuk diberikan ketika bayi anda pilek adalah ASI. Bagi ibu yang memberikan ASI eksklusif maka ASI menjadi obat alami untuk meredakan pilek sehingga perlu menjauhi pantangan ibu menyusui. Pertama ASI akan mengatasi bayi dari dehidrasi sehingga tidak membuat pilek bayi menjadi lebih parah. Sementara itu ASI juga mengandung jenis antibodi khusus yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. ASI adalah obat yang paling menguntungkan untuk bayi anda. Jika bayi anda tidak mau minum ASI secara langsung maka cobalah cara memerah ASI dengan tangan dan melakukan cara memperbanyak ASI perah. Bayi anda bisa menjadi lebih nyaman dengan cara ini.

Bersihkan hidung bayi dari lendir yang menyumbat

Umumnya bayi masih menggunakan hidung sebagai saluran utama untuk bernafas. Ketika bayi anda terkena pilek maka biasanya bayi akan sulit untuk bernafas dan membuat bayi tidak bisa tidur. Terlebih untuk bayi yang baru lahir dan sering tidur dengan posisi telentang sesuai dengan posisi tidur bayi yang baik. Sebab bayi tidur tengkurap setelah lahir memang tidak diperbolehkan dalam dunia medis. Bayi umumnya belum bisa membersihkan lendir dari hidung sehingga anda perlu membantu.

Gunakan humidifier untuk ruangan tidur bayi

Untuk membuat bayi bisa tidur dengan nyenyak, maka gunakan alat humidifier untuk ruangan bayi anda. Anda bisa mencoba menambahkan beberapa tetes minyak alami seperti minyak kayu putih atau minyak telon untuk alat humidifier. Suhu hangat dari alat humidifier dan aroma yang menenangkan bisa membantu bayi agar bisa beristirahat dan tidak sering menangis. Jika anda menggunakan AC sebagai pendingin ruangan saat udara panas, maka atur agar suhunya tidak membuat bayi kedinginan sehingga pilek menjadi lebih parah. Pengaturan suhu AC sangat penting untuk mencegah adanya bahaya AC bagi balita.

Buat posisi kepala bayi agak tinggi saat tidur

Ketika bayi tidur saat terkena pilek maka biasanya bayi tidak nyaman dan sering terbangun. Untuk mencegah bayi tidak cukup tidur maka tinggikan bagian kepala bayi saat tidur. Posisi ini bisa membantu mengalirkan lendir dari hidung bayi sehingga bayi bisa bernafas dengan baik. Untuk itu anda bisa mencoba menempatkan beberapa handuk yang lembut dibawah kepala bayi. Jangan mengganjal kepala bayi dengan bantal karena bisa menyebabkan bayi tidak bisa bernafas dengan baik. Selama bayi tertidur maka jaga agar kepala bayi tidak tegak karena posisi yang kepala yang tidak nyaman. Cara ini bisa membantu bayi tidur cukup sesuai dengan pola tidur bayi 0-12 bulan.

Pijat bayi

Cara melakukan pijat bayi yang benar juga bisa membantu meringankan pilek secara alami. Pijat dengan menekan pada titik titik tubuh bayi tertentu bisa membantu bayi merasa lebih nyaman. Bayi anda bisa tidur nyenyak setelah dipijat sehingga bayi bisa istirahat dengan baik. Selain itu gerakan pijatan yang baik juga bisa membantu mengeluarkan dahak, membantu bayi bisa batuk dan merangsang bagian tubuh bayi agar bisa memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Jika anda tidak bisa melakukan pijat bayi sendiri maka lakukan dengan bantuan terapis khusus bayi. Pijat bayi juga sangat efektif untuk mengatasi bayi sering menggeliat dan sebagai cara mengatasi sembelit pada bayi.

Gosok tubuh bayi dengan minyak kelapa

Jika anda memiliki persediaan minyak kelapa organik, maka gunakan minyak kelapa untuk menggosok tubuh bayi. Minyak kepala bisa membantu tubuh bayi menjadi lebih nyaman dan membuat saluran pernafasan bekerja lebih bayi. Gosokkan minyak kelapa perlahan pada bagian telapak kaki bayi, kaki bayi lalu ke semua bagian punggung bayi dan perut bayi. Jangan memberikan minyak kelapa terlalu dekat ke bagian wajah dan hidung bayi karena akan terasa menyengat. Jika hidung bayi tersumbat maka berikan aroma minyak kelapa sedikit ke bagian hidung bayi. Lakukan perlahan sehingga bayi anda merasa lebih nyaman.

Tidurkan bayi tegak di pundak dan dada anda

Bayi yang pilek biasanya tidak bisa tidur dengan nyenyak. Sama seperti orang dewasa maka lendir pada hidung bisa menyumbat saluran pernafasan. Untuk membantu bayi bisa tidur dengan nyenyak maka tidurkan bayi dengan menyandarkan kepala pada bagian pundak atau dada anda. Cara ini akan membantu tubuh bayi agak tegak ketika tidur dan bayi bisa bernafas dengan baik. Selain itu posisi ini juga bisa membantu mengeluarkan lendir yang menyumbat saluran pernafasan bayi bisa keluar secara alami. Langkah ini sangat baik untuk bayi terutama sesuai dengan perkembangan bayi 6 bulan dan membantu mengatasi gumoh pada bayi setelah minum susu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *