Cara Memasak Jenis Ingkung Ayam Yang Enak

Cara Memasak Jenis Ingkung Ayam Yang Enak

Cara Memasak Jenis Ingkung Ayam Yang Enak

guys, apakah kalian sudah pernah mencoba dengan jenis masakan tersebut belum guys? dengan jenis masakan tersebut ini tidak sembarangan yang ada di jual lho. di negara indonesia hanya ada beberapa kota yang terdapat dengan jenis masakan tersebut lho guys. bagi yang pernah merasa mencoba jenis masakan tersebut ini rasanya gimana? pasti sangat gurih dan enak kan guys. nah guys akan kami perkenalkan bahwa jenis masakan ini biasanya yang ada menjual tersebut ada khusus di kota yogjakarta saja lho. nah terus di kota medan atau kota yang lain belum ada?

Ingkung ayam adalah merupakan salah satu kuliner tradisional nusantara (jogja) yang masih eksis hingga sekarang. Dulunya, Ingkung ayam ini adalah merupakan sajian wajib yang harus disediakan pada acara penting dan sakral seperti kenduri, sedekah dll. Bahkan menurut cerita orang tua terdahulu, Ingkung Ayam adalah makanan yang paling enak dan sangat disukai dimasa lampau. nah bagi yang ingin mengetahui untuk cara pembuatanya, akan kami bantu bagikan jenis bahan yang di sediakan itu :
> Bahan – Bahan Membuat Ingkung Ayam :
– 1 ekor ayam kampung ukuran sedang
– 4 lembar daun salam
– 1500 ml santan kental
– 1 batang sereh (memarkan)
– 1 sendok makan gula merah
– 2 lembar daun jeruk purut
– 3 cm lengkuas (memarkan)
– 1 sendok makan garam

> Bahan – Bahan Bumbu halus :
– 1/2 sendok makan munjung ketumbar
– 3 siung bawang putih
– 8 buah bawang merah

> Cara Membuat Ingkung Ayam Praktis:
— Langkah pertama, masukkan semua bahan, serta bumbu halus ke dalam wajan.Kemudian tutup, Setelah itu masak dengan api takaran kecil sampai bumbu meresap.
– Selanjutnya, Jika bumbu sudah terlihat meresap, segera koreksi rasanya (paskan rasanya dengan selera anda). Apabila rasanya dirasa sudah pas dan ayam sudah sudah terasa empuk, segera angkat ayam dan tiriskan (tidak perlu di masak hingga kuahnya habis)
– Terakhir, Sajikan Ayam Ingkung buatan anda bersama nasi gurih/sego gurih serta bahan pelengkap seperti potongan timun, tomat serta ulekan cabai.

Nah, terus gimana sih untuk cara membuat nasi yang gurih, yaitu :
> Bahan – Bahan Membuat Sego Gurih :
– 300 gram beras
– 2 lembar daun salam
– 600 ml santan (dari 1/2 butir kelapa)
– 1 batang serai, (ambil putihnya lalu memarkan)
– Garam secukupnya

> Cara Membuat Sego Gurih :
Rebus beras beserta daun salam, garam, serai dan santan hingga mendidih.Lalu kecilkan apinya, kemudian masak sampai santan terserap oleh nasi. Setelah itu kukus nasi hingga matang.

jadi inilah cara membuat jenis masakan Ingkung Ayam yang enak dan juga dengan nasi yang gurih pada saat mencicipi dengan jenis masakan tersebut semua itu dengan yang sempurna dan memiliki rasa yang sangat istimewa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *