cara memilih popok bayi

Cara Memilih Popok untuk bayi

cara memilih popok bayi

Cara Memilih Popok untuk bayi

Memilih popok bayi secara umum terdapat 2 jenis yaitu popok cuci ulang dan popok sekali pakai.

untuk memilih popok cuci ulang, anda bisa memilih popok dengan bahan katun, alasannya karena popok dengan bahan katun sangat baik untuk menyerap keringat, bahkan dalam cuaca yang panas.

harga daru popok jenis ini juga lebih murah, karena popok bisa dicuci dan digunakan kembali.

sedangkan popok sekali pakai sering disebut oleh orang awam dengan istilah “pampers”. “Pampers” sebenarnya nama dagang salah satu popok sekali pakai yang dahulu cukup populer.

Keuntungan penggunaan popok sekali pakai adalah kepraktisannya. Popok jenis ini tersedia dalam berbagai ukuran sesuai dengan berat badan bayi. Masalah yang kerap ditemui pada penggunaan popok ini adalah bila kulit bayi sensitif dan mudah mengalami iritasi.

Kulit bayi yang sensitif dapat mengalami alergi / iritasi akibat kontak dengan bahan pembuat popok. Selain itu jika popok sudah penuh urin atau feses dan tidak segera diganti juga akan mudah menyebabkan kulit bayi teriritasi.

Terdapat 2 jenis popok sekali pakai yaitu jenis popok yang menggunakan waist band (yang menggunakan perekat di pinggang) dan yang berbentuk celana (pull-up diaper). Popok sekali pakai juga dilengkapi dengan cuff pada lapisan bawah popok agar cairan dapat tertampung dan tidak meluber ke samping.

didalam memilih popok bayi, anda juga perlu memperhatikan usia bayi anda.

Usia 0-3 bulan

Di usia awal kehidupan, kulit bayi masih sangat sensitif. Bayi perlu popok yang nyaman dan memberikan perlindungan. Pilihlah popok yang berbahan lembut. Anda dapat mengombinasikan, misalnya untuk penggunaan di rumah gunakan popok cuci ulang berbahan katun, sedangkan untuk bepergian digunakan popok sekali pakai yang praktis. Ini dapat mengurangi kejadian alergi dan iritasi pada kulit bayi.

Bayi usia ini juga masih berada dalam posisi fetal sehingga akan lebih mudah bila memilih popok yang menggunakan perekat di daerah pinggang bukan yang berbentuk celana.

Ukuran yang sesuai untuk bayi usia ini adalah S (small) atau nomor 1 atau 2 (tergantung berat badan bayi). Pada bungkus popok sekali pakai umumnya tercantum ukuran popok dan berat badan bayi yang sesuai ukuran tersebut.

Usia 4-19 bulan

Pada usia ini, anak sangat aktif bergerak. Ia mulai merangkak, berdiri, dan berjalan. Untuk popok sekali pakai, pilihlah yang memiliki daya tampung tinggi. Untuk mencegah gangguan pada kelembaban kulit, anda dapat memilih popok yang memiliki pH balance.

Pada saat anak sudah berdiri dan berjalan, popok yang berbentuk celana agar tidak mengganggu pergerakan anak yang sedang aktif mengeksplorasi sekitarnya.

Usia 20 bulan keatas

Seiring dengan kemampuan anak yang semakin bertambah, rasa percaya dirinya juga makin bertambah. Pilihlah popok yang berbentuk celana dengan kenyamanan maksimal.

Selain itu, popok yang berbentuk celana juga sangat cocok untuk usia ini karena pada usia ini anak akan belajar toilet training.

Author: jordan smith