Cara Menambah Nafsu Makan Pada Anak

Cara Menambah Nafsu Makan Pada Anak – Ketika anak tidak mau makan/nafsu makannya menurun, pasti orang tua akan sedikit bingung ketika mengalamai hal tersebut. Untuk membujuk anak yang tidak mau makan pastinya susah-susah gampang, karna anak mempunyai alasan mengapa ia tidak mau makan. Dengan kurangnya asupan giji yang ada di dalam perut sang anak, maka hal tersebut akan berdampak buruk untuk kesehatan sang anak.

Baca juga: 

Beberapa Tanda Anak Bayi Mulai Tumbuh Gigi

Ada beberapa alasan kenapa anak tidak mau makan/nafsu makan turun, biasanya hal tersebut di faktorkan oleh, stres, sedang kurang sehat, tidak nafsu pada makanan yang di berikan pada si anak dan lain sebagainya. Nah peran seorang ibu sangat lah penting untuk mengatasi masalah ini terhadap anak. Bagi para ibu yang bingung untuk mengatasi masalah pada nafsu makan anak, anda dapat mencoba cara ini agar nafsu makan anak semakin bertambah.

Mengajak Anak Berolahraga

Jika anak Anda jarang bermain ke luar untuk melakukan aktivitas seperti kebanyakan anak sebayanya, maka cobalah untuk mengajak si anak keluar rumah untuk berolahraga. Minimal ajaklah dia bermain supaya tubuhnya lebih aktif bergerak. Saat anak berolahraga atau menggerakan tubuhnya secara aktif, detak jantungnya akan meningkat. Hal ini membuat pembakaran kalori di dalam tubuh lebih optimal. Dengan demikian nafsu makan si anak biasanya juga akan ikut naik.

Mengonsumsi Jeruk

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa buah jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C yang tinggi. Di dalam tubuh manusia vitamin C berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan ternyata juga berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan. Maka dari itu tak ada salahnya apabila Anda lebih rutin memberikan konsumsi vitamin C melalui buah jeruk kepada anak Anda. Selain itu asupan vitamin C yang cukup juga bisa membantu metabolisme di dalam tubuh semakin lancar.

Mengonsumsi Vitamin B dan Zinc

Selain mengonsumsi vitamin C yang bisa didapat dari buah jeruk, cara menambah nafsu makan pada anak juga bisa Anda lakukan dengan menambah asupan vitamin B dan zinc. Seseorang yang mengonsumsi vitamin B secara teratur ternyata bisa meningkatkan nafsu makan dan mengontrol suasana hati bagi seseorang yang sedang malas makan. Zinc juga dinilai memiliki fungsi yang sama dengan vitamin B. Oleh karena itu apabila ada seseorang yang kekurangan zinc, nafsu makannya biasanya akan berkurang.

Buat Tampilanan Makanan Menarik

Sajian yang berwarna-warni akan menarik mata, sehingga diharapkan dapat membuat waktu makan menyenangkan. Coba mengombinasikan berbagai sayur dengan warna berbeda, ketika disajikan bersama pasta atau sumber karbohidrat lain. Hal ini juga sangat mendukung variasi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Tawarkan Dengan Makanan Favoritnya

Tawarkan makanan favorit pada anak, meskipun kelihatannya makanan tersebut kelihatannya kurang sehat. Saat anak tidak punya nafsu makan, makan makanan yang kurang sehat masih lebih baik daripada tidak makan sama sekali. Namun, jangan tawarkan porsi yang terlalu besar. Cukup berikan porsi kecil untuk memancing nafsu makannya kembali dan ikuti dengan makanan yang lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *