Cara Mencegah Gigi Berlubang Pada Anak/Balita

Cara Mencegah Gigi Berlubang Pada Anak/Balita – Jika anak dibiarkan untuk makan dan minum sembarangan, maka gigi mereka akan cepat rusak dan membusuk atau bisa disebut dengan gigi berlubang. Gigi berlubang sendiri merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang banyak di alami oleh anak-anak. Anak yang masih kecil masih belum tau akibat dari makan dan minuman sembarangan, maka dari itu peran orang tua sangat penting untuk mencegah gigi anak menjadi rusak/berlubang. Berikut cara mencegah gigi berlubang ada anak/balita.

Baca juga: Makanan Yang Harus Di Hindari Bayi

Pergi ke dokter gigi sejak dini

Sejak usia 1 tahun, anda bisa membiasakan untuk mengajak anda mengunjungi dokter gigi. Pencegahan dini dapat membuat anak terhindar dari masalah kesehatan yang lebih serius. Dengan begitu kerusakan pada gigi bisa saja terelakkan.

Merawat kesehatan gigi

Anda dapat menyikat gusi dan gigi anak dengan lembut, menggunakan air pada sikat gigi bayi yang lembut, atau sekadar membersihkan gigi anak dengan kain lap yang lembut.

Jangan biasakan anak tidur dengan mengisap botol

Dokter anak dan gigi telah memperingatkan para orang tua untuk tidak membiasakan seorang bayi atau anak yang lebih tua untuk tidur siang dengan sebotol jus atau susu formula di mulutnya. Cairan manis dalam botol dapat melekat pada gigi bayi dan juga menyediakan makanan bagi bakteri yang hidup di mulut. Bakteri menghasilkan asam yang dapat memicu gigi berlubang.

Obat dengan beragam rasa

Banyak obat untuk anak saat ini diberi berbagai perisa. Jika itu menempel pada gigi, risiko kerusakan gigi akan naik. Antibiotik dan beberapa jenis obat asma juga dapat menyebabkan pertumbuhan berlebih dari kandida (ragi), yang dapat menyebabkan infeksi jamur yang disebut sariawan mulut. Oleh karenanya, sehabis minum obat berperisa, segera berikan segelas air minum untuk anak berkumur. Cara ini menghindarkan plak menumpuk pada gigi.

Mengganti botol dengan cangkir

Sejak dini, biasakan agar anak selalu minum lewat cangkir atau gelas, dan bukan botol. Hindari pula kebiasaan memberikan jus buah untuk anak karena itu bisa menempel pada gigi dan meningkatkan risiko gigi berlubang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *