Cara Menenangkan Bayi Yang Sedang Menangis

Cara Menenangkan Bayi Yang Sedang Menangis – Bayi yang baru saja lahir akan sering menangis, hal tersebut sangat lah wajar bagi bayi-bayi yang masih berusia di bawah 1 tahun. Banyak faktor yang mempengaruhi bayi menjadi menangis, antara lain seperti bayi sedang kehausan, perlu ASI, popok sudah penuh dan lain sebagainya. Bagi para orang tua, terutama pada Ibu harus memiliki tenaga yang cukup untuk mengatasai bayi yang sedang menanangis. Terlebih lagi jika bayi yang baru-baru saja lahir akan sering menangis setiap harinya. Untuk menenangkan bayi yang sedang menanangis bukan lah hal yang cukup mudah untuk di lakukan, terlebih lagi jika baru-baru saja di anugerahi seorang bayi yang kecil dan imut.

Baca juga: Makanan Untuk Anak Ketika Demam

Setiap orang tua tentunya memiliki cara tersendiri untuk mengatasi bayi yang sedang dalam keadaan menangis. Namun tidak sedikit pula sekarang para orang tua yang tak tau dalam menenangkan bayi yang sedang menangis. Dan orang tua jaman sekarang pun hanya mengandalkan perawatan bayi kepada baby sister atau pengurus bayi lainnya. Sebenarnya hal tersebut merupakan hal yang salah jika di lakukan oleh para orang tua. Dengan begitu sang Ibu atau orang tua akan sulit untuk memahami karakter sang bayi dan sang bayi pun akan sulit melakukan komunikasi dengan orang tuanya. Maka dari itu, ketika memiliki anak bayi, lebih baik anda di sarankan untuk merawat bayi anda sendiri tanpa harus memerlukan banyak campur tangan dari baby sister/pengasuh bayi. Anda memiliki masalah untuk menenangkan bayi yang sedang rewel/menangis? Nah di dalam artikel ini anda para orang tua akan mengetahui cara untuk menenangkan bayi yang sedang menangis. Berikut caranya mam.

Mengayun Bayi

Gerakan mengayun bayi dapat membuat bayi terdiam dari tangisannya. Bayi menyukai adanya gerakan ketika mereka digendong. Melalui mengayun, bayi akan merasa nyaman hingga lama-kelamaan dapat pula sampai tertidur. Ada hal yang harus diperhatikan saat mengayun bayi adalah jangan terlalu keras mengayun bayi. Selain itu, jangan hanya mengayun bagian badannya. Semua anggota badan termasuk kepala harus pada gerakan ayunan yang sama. Hal ini akan berpengaruh terhadap saraf bayi.

Menyanyikan Bayi

Selain suka dengan gerakan-gerakan lembut, bayi juga menyukai ada suara di samping mereka. Untuk itu, anda dapat mencoba bernyanyi ketika bayi sedang menangis. Cari nyanyian yang dapat membuat bayi tenang. Anda juga dapat bernyanyi sambil menggendong dan mengayun bayi. Dengan begitu, bayi akan merasa nyaman dan berhenti menangis. Usahakan menyanyi dengan suara yang lebih keras dari tangisan bayi. Ketika bayi sudah mulai mereda, maka turunkan pula nada suara nyanyian anda.

Memberikan ASI

Jika bayi terlihat lapar atau haus, usahakan berikan ASI pada bayi. Anda dapat memberikannya secara langsung atau melalui sendok. Perhatikan bahwa jangan pernah memberikan ASI ketika anak sedang menangis dengan keras. Usahakan bayi itu agak mereda tangisannya, baru setelah itu anda dapat memberikan ASI. Memberikan ASI atau minuman lain ketika bayi masih menangis tersedu-sedu dapat menyebabkan bayi menjadi tersedak. Hal ini justru dapat menimbulkan permasalahan serius lainnya. ASI, terutama ASI eksklusif sangat penting bagi bayi. Ini karena ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Ada beragam manfaat ASI eksklusif untuk bayi. Akan tetapi, cara pemberian ASI juga harus diperhatikan.

Digendong Sambil Ditempatkan Pada Bagian Dada

Usahakan gendong bayi saat ia menangis. Hal ini terbukti menjadi cara yang cepat dan ampuh untuk menenangkan bayi yang menangis. Jika bayi masih terus menangis ketika digendong dengan posisi tidur, coba ubah posisi bayi menjadi agak berdiri dan tempelkan pada dada anda. Posisi ini seperti ketika anda hendak membuat bayi bersendawa. Menggendong bayi dengan posisi seperti ini juga terbukti efektif dapat menenangkan bayi yang menangis. Akan tetapi menggendong posisi seperti ini tidak disarankan terlalu lama, karena punggung bayi belum bisa menahan tubuhnya terlalu lama.

Mandikan Air Hangat

Jika bayi anda menangis, cobalah perhatikan apakah bayi menangis karena cuaca sedang panas. Jika suasana terasa panas cobalah untuk mengganti baju bayi dengan baju yang tipis dan menyerap keringat. Cara lain untuk meredakan hawa panas dapat juga dengan memandikan bayi dengan air hangat, bukan air dingin. Ada beragam manfaat mandi air hangat untuk bayi. Mandi air hangat dapat membuat tubuh bayi menjadi rileks dan tenang. Biasanya, setelah mandi air hangat bayi dapat tidur dengan nyenyak dan tidak menangis lagi. Ketika bayi merasa kepanasan, usahakan untuk tidak memberikan bayi bedak tabur dingin. Para orang tua harus mengetahui beberapa bahaya bedak tabur bagi bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *