Cara Mengatasi Cacingan Pada Anak

Cara Mengatasi Cacingan Pada Anak – Cacingan merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa menyerang anak-anak bahkan orang dewasa. Jika anak terkena penyakit cacingan, maka gizi sang anak akan menjadi menurun dan tidak akan normal seperti biasanya. Penyakit cacingan pun bukan lah jenis penyakit yang berbahaya ketika menyerang sang buah hati. Tapi meskipun bukan di kategorikan penyakit berbahaya, penyakit tersebut pun harus segera di obati. Jika tidak pastinya akan mengganggu kesehatan tubuh dan akan menggangu anak untuk tumbuh berkembang.

Baca juga: 

Pastinya setiap orang tua tidak ingin anaknya terkena penyakit cacingan yang bisa menggangu kesehatan sang buah hati. Menjaga kebersihan tangan dan mulut anak ketika ingin makan, maka akan mengurangi efek terkena penyakit cacingan. Selain itu makanan yang tidak higenis juga merupakan faktor bahwa sang anak bisa terkena penyakit cacingan. Maka dari itu, jika sang buah hati terkena penyakit cacingan, segera atasi penyakit yang di derita sang buah hati. Ketika anak-anak terkena cacingan, biasanya akan memiliki beberapa gejala yang menyerangnya, berikut ciri ketika anak terkena penyakit cacingan.

Ciri-ciri anak terkena cacingan

– Berat badan tidak naik meskipun nafsu makan tidak berkurang.
– Tidak bergairah dan tidak bersemangat.
– Sering garuk-garuk pantat (bagian anus) pada malam hari.
– Kurus dan perut buncit.
– Sering mengalami gangguan pada lambung.
– Suka batuk.

Nah ketika ciri-ciri yang ada di atas tersebut terjadi pada anak anda, kemungkinan anak anda terkena penyakit cacingan. Namun anda sebagai orang tua tidak perlu untuk khawatir, anda bisa mengatasi penyakit tersebut dengan cara membeli obat cacing di apotik terdekat. Namun selain memberikan obat cacing dari apotik, anda juga bisa untuk memberikan beberapa bahan alami yang ada pada artikel ini untuk mengatasi cacingan pada anak anda.

Wortel dan buah kelapa

Cara yang pertama adalah dengan cara menggunakan wortel dan buah kelapa. Caranya, parut keduanya kemudian campurkan parutan wortel ke dalam santan kental. Untuk memberikan rasa, anda dapat menambahkan ramuan tersebut dengan sedikit garam, aduk hingga rata kemudian minumkan pada anak yang menderita cacingan.

Menggunakan biji pepaya dan madu

Cara mengatasi cacingan pada anak yang kedua adalah dengan cara menggunakan biji pepaya. Campuran antara biji pepaya dan madu berguna untuk mengatasi cacingan khususnya cacing gelang. Caranya, keringkan biji pepaya kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu, anda dapat menyeduhnya dengan air hangat. Jangan lupa untuk menambahkan madu murni agar rasa dari ramuan tersebut tidak terlalu hambar.

Menggunakan daun pepaya

Selain bijinya, anda juga dapat memanfaatkan daunnya sebagai pengobatan cacingan terutama pada cacing kremi. Cacing kremi biasanya akan keluar pada malam hari lewat anus. Oleh karena itu, ketika anak-anak menderita penyakit ini pada malam hari mereka akan merasakan gatal pada panat mereka terutama bagian anus. Untuk mengatasinya, rebuslah beberapa daun pepaya tersebut dan minumlah air rebusan tersebut secara teratur yaitu 2 kali sehari.

Menggunakan bawang putih

Selain menggunakan daun pepaya, anda juga dapat menggunakan bawang putih untuk mengatasi cacing kremi. Bahan yang harus anda siapkan untuk membuat ramuan ini adalah bawnag putih, gula merah dan akar pepaya. Caranya, rebus semua bahan tersbeut dengan air 600 cc. Setelah itu angkat ramuan tersebut jika air sudah menunjukkan 300 cc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *