Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Baru Lahir

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Baru Lahir – Cegukan bukan hanya bisa di alami oleh orang dewasa, bayi juga bisa mengalami cegukan meskipun usianya masi terhitung hari/bulan. Cegukan pada bayi biasanya di sebabkan oleh kontraksi diafragma, dan pada saat bayi sedang makan atau minum. Cegukan memang sangat mengangu untuk orang dewasa dan bayi, cegukan pada bayi merupakan hal yang wajar dan tidak berpontensi berbahaya pada bayi. Namun jika anda sebagai orang tua/ibu yang sangat khawatir dengan hal itu, anda bisa mencoba cara ini untu mengatasi cegukan pada bayi.

Baca juga: Manfaat Tidur Untuk Kesehatan Anak Kecil

Ganti Posisi Ketika Menyusui

Ketika bayi sedang menyusui sering kali para ibu mengabaikan udara yang ikut masuk kedalam mulutnya, hal ini dapat mengakibatkan cegukan pada bayi. Cara mengatasi cegukan pada bayi di antaranya adalah dengan mengubah posisi ketika sedang menyusui bayi.

Setelah mengubah posisi ketika menyusui dengan posisi yang lebih baik juga harus memastikan ketika bayi sedang menyusui tidak ada udara yang masuk. Jika cegukan pada bayi masih terjadi maka sebaiknya dihentikan sementara proses menyusui, karena jika dilanjutnya maka cegukan akan semakin parah dan dapat membahayakan bayi Anda.

Berikan ASI dan biarkan bayi bersendawa

Menyusui dapat menjadi salah satu cara mengatasi cegukan bayi Anda. Gerakan menyusui dapat membantu diafragma anak Anda menjadi lebih rileks dan menghentikan cegukan. Setelah menyusui, Anda bisa membiarkan bayi bersendawa untuk memberikan ruang bagi udara yang terjebak di dalam perut bayi. Nah, udara tersebut jugalah yang menjadi faktor bayi cegukan.

Beri sesuatu untuk diisap

Berikan sesuatu untuk dihisap anak Anda, seperti dot, empeng, atau puting ibu. Cara ini bisa dilakukan untuk mengatasi cegukan bayi. Gerakan mulut dan tipuan sedotan di perut bayi, dipercaya bisa merangsang sendawa dan menghentikan cegukan pada bayi.

Memeluk Bayi

Cara mengatasi cegukan pada bayi baru lahir yang paling sederhana adalah dengan memeluknya. Memeluk bayi dipecaya mampu memberi ketenangan saat tubuh mungilnya harus mengalami cegukan yang sedikit mengganggu. Biasanya dalam beberapa menit saja, bayi akan berhenti cegukan dan kembali dalam keadaan normal.

Menepuk Punggung Bayi

Selain memeluknya, mengatasi cegukan pada bayi baru lahir juga bisa kamu lakukan dengan menepuk punggung bayi. Gendong bayi dengan posisi seperti berdiri, letakkan kepalanya di pundak kamu, lalu tepuk tepuk punggung bayi secara lembut hingga ia bersendawa. Cara ini jika terus dibiasakan, cukup ampuh menghentikan cegukan dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *