Mengatasi bayi menangis

Cara Mengatasi Tangisan Bayi

Mengatasi bayi menangis

Cara Mengatasi Tangisan Bayi

Bayi yang baru lahir biasanya menangis 2 sampai 3 jam sehari. Meskipun para bunda biasanya merasa tangisan bayinya lebih lama dari itu. Beruntungnya setelah melewati 8 minggu, biasanya tangisan bayi akan berkurang. Tapi tentu masih akan tetap menangis, lantas apa saja yang harus bunda lakukan?

Mengapa bayi menangis?

  1. Komunikasi: Bayi tidak memiliki banyak cara untuk berkomunikasi selain menangis. Mereka akan sering menangis jika merasa ada sesuatu yang aneh atau asing, atau jika merasa tidak nyaman, kesepian, takut, lelah atau bahkan bosan.
  2. Kolik : Jika bayi menangis selama beberapa jam setiap hari dan pada jam tertentu, biasanya pada sore atau malam hari, Kemungkinan si Bayi mengalami Kolik. Bunda tidak perlu khawatir, karena masa-masa tangisan bayi ini akan menghilang pada saat bayi berusia 4 bulan.
  3. Masuk angin: Kemungkinan perut si bayi terdapat angin sehabis minum susu. Membantu bayi bersendawa setelah menyusui, akan mencegah hal ini terjadi.
  4. Lapar: Jika bayi belum makan selama 2 atau 3 jam, kemungkinan bayi merasakan lapar.
  5. Tidak nyaman: Bayi mungkin menangis jika popok yang mereka pakai dalam keadaan sudah penuh. Atau jika ada dalam kondisi suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin.
  6. Kelelahan: Kadang-kadang bayi juga menangis karena mereka kelelahan. Ketika usia mereka bertambah, mereka akan menggunakan cara lain, yang mirip dengan menangis, contohnya seperti menyentuh telinga mereka.
  7. Penyakit: Tangisan si bayi terdengar lemah dan melengking menandakan bayi merasakan sakit. Jika dia kelihatan sakit serta masih menangis, dan Bunda merasakan ada yang salah pada si bayi, segera hubungi Dokter anak.

Cara Mengatasi Tangisan Bayi

Ketika Bunda telah menghabiskan lebih banyak waktu dengan si bayi, Bunda akan mengetahui perbedaan dan arti dari tangisan si bayi. Ada beberapa tangisan bayi yang relatif mudah untuk ditangani, seperti tangisan karena lapar. Sementara tangisan lainnya mungkin agak lebih sulit untuk diatasi.

Setiap bayi unik, dan Bunda mungkin bisa mencoba banyak cara untuk menghibur bayi sebelum akhirnya Bunda menemukan cara yang paling tepat dan berhasil. Bunda dapat mencoba beberapa metode ini:

  • Menggendong bayi: Kontak fisik Bunda dengan sang bayi, akan membantu bayi merasa aman, nyaman dan merasa sangat tenang.
  • Goyangan dan gerakan: timangan bunda biasanya akan membuat bayi merasa tenang dan nyaman, Bunda dapat menimang dan menggoyangkan atau menari-nari dengan menggendong si bayi dalam ruangan. Beberapa orang tua menenangkan bayinya dengan berkendara dengan mobil, jika Bunda melakukan ini, ajaklah pasangan untuk membantu Bunda karena bayi yang sedang menangis bisa mengalihkan perhatian saat mengemudi.
  • Menghisap: Bunda bisa membuat si bayi merasa nyaman dengan cara menyusuinya, menghisap boneka yang lembut yang aman dan disarankan, atau menghisap jari Bunda.
  • Suara dan bunyi: Beberapa bayi menyukai musik, atau merasa tenang dengan suara-suara seperti suara penyedot debu atau gelombang suara di radio.

Baca juga : Tips agar bayi cepat berjalan

Author: jordan smith