Cara Menjaga Kesehatan Bayi Agar Terhindar Dari Penyakit

Cara Menjaga Kesehatan Bayi Agar Terhindar Dari Penyakit – Merawat bayi yang baru lahir mungkin merupakan pengalam baru yang sangat membahagiakan seorang ibu. Namun pastinya setiap ibu mengiginkan bahwa bayi akan tetap tumbuh sehat. Namun terdapat beberapa hal yang membuat kesehatan bayi tergangu atau di sebut juga dengab terserang penyakit akibat dari kuragnya kebersihan pada bayi. Apalagi sistem pada kekebalan tubuh pada bayi masih belum belum menjadi sempurna, hal tersebut membuat bayi sangat rentan terhadap infeksi. Namun dala hal itu peran ibu sangat di perlukan dalan menjaga kesehatan bayinya yang masih berumur sangat mudah. Nah ini dia cara yang harus dilakukan agar sang buah hati tetap menjadi sehat dan jauh dari penyakit.

Baca juga:
Hal Yang Mencemaskan Terhadap Anak Yang Mengalami Obesitas

Jemur bayi di pagi hari

Hal ini sangat penting dilakukan terutama bagi bayi yang lahir berwarna kuning, karena akan mendapatkan sinar matahari pagi yang dapat mengurangi bilirubin menjadi senyawa yang larut dalam air dan dikeluarkan sebagi urine. Cukup jemur selama 10-15 menit saja sebelum jam delapan pagi. Hal tersebut dilakukan agar dapat menghangatkan tubuh sang bayi.

Mensterilkan botol susu

Jika sang bayi mendapatkan susu dalam botol, sangat penting untuk mensterilkan botol susu dengan benar. Merebus botol dalam air adalah cara yang tepat untuk mensterilkan botol susu. Cara ini dapat membunuh sebagian besar kuman yang berbahaya bagi sang bayi. Cara ini baik untuk botol yang terbuat dari kaca. Bagi botol plastik, cara ini tidak dianjurkan kecuali bahan yang digunakan aman untuk air mendidih.

Mengganti popoknya

Ini adalah hal yang jarang diperhatikan oleh sang ibu. Rajin memperhatikan popok bayi akan membantu dia terlindungi dari infeksi. Jangan biarkan popok bayi semalaman, karena hal ini membuat bayi rentan terkena infeksi saluran kemih dan ruam. Gantilah popok sesering mungkin, terutama setelah mereka buang kotoran, dan jangan biarkan sampai popok terlalu penuh karena air pipis.

Memandikan bayi

Untuk hal ini kamu bisa melakukannya dengan membersihkan tubuh bayi dengan kain lembut atau langsung memandikannya. Jangan biarkan keringat menempel terlalu lama pada tubuh bayi. Ini bisa menyebabkan infeksi jamur pada tubuh bayi. Gunakan air hangat dan sabun ringan untuk membersihkan tubuh si mungil.

Berikan vitamin

Anda dapat memberikan vitamin bila sang anak memiliki pola makan yang kurang baik. Jika ingin memberikan vitamin tambahan, berikanlah sesuai kebutuhan karena vitamin sangat bermanfaat jika anak memang sangat membutuhkannya. Misalnya, vitamin untuk meningkatkan nafsu makan, vitamin penambah zat besi, dan sebagainya

Membersihkan mulut bayi

Memang benar bayi tidak memiliki gigi, tetapi ini bukan berarti kamu mengabaikan kebersihan mulutnya. Karena mulut sang bayi masih sangat halus dan sensitif, bersihkan mulutnya dengan menggunakan kain lembut. Cara ini membantu membersihkan sisa makanan yang tersisa dalam mulutnya. Ini cukup efektif untuk mencegah infeksi jamur pada lidah sang bayi.

Menggendong bayi

Merupakan kebahagiaan tersendiri bisa menggendong seorang bayi, terutama bila bayi tersebut adalah anak atau cucu pertama. Dengan menggendong bayi dapat membuat sang bayi merasa lebih tenang, namun tidak membuat bayi melatih emosinya. Biasanya, bayi yang terbiasa digendong akan lebih senang hingga ia agak besar dan ia akan merasa malas untuk berjalan. Hal ini akan membuat Anda susah nantinya, terutama karena tubuh bayi yang semakin besar dan berat. Bila otot lehernya mulai kuat, ia sudah bisa mengontrol kepalanya dengan baik. Anda dapat mengajaknya bermain dengan mengangkat bayi tinggi-tinggi, mengayunkannya, serta beberapa variasi menggendong bayi. Dan cara inilah yang dapat membantu melatih anak mengontrol emosinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *