Daun Tempuyung Ini Memiliki Khasiat Apa Saja Bagi Kesehatan?

Daun Tempuyung Ini Memiliki Khasiat Apa Saja Bagi Kesehatan?

Daun Tempuyung Ini Memiliki Khasiat Apa Saja Bagi Kesehatan?

Daun tempuyung sudah dikenal sejak lama sebagai bagian dari jenis daun yang digunakan sebagai bahan alami dalam pengobatan herbal. Tanaman tempuyung sendiri sangat mudah untuk ditemukan karena banyak tersebar di kawasan semak yang terlindungi sinar matahari. Nama lain dari daun ini yaitu daun jombang atau daun lempung. Daun tempuyung memiliki bentuk yang lonjong dengan ujung daun yang lancip. Tepi daunnya berombak tidak beraturan.

Mengapa daun tempuyung dijadikan sebagai daun herbal untuk pengobatan? Tak lain dan tak bukan karena daun ini mengandung beberapa senyawa yang mampu membantu tubuh dalam melawan penyakit. Daun ini mengandung kalsium, silica, natrium, magnesium, flavonoid, taraksaterol, kumarin, inositol, dan juga asan fenolat. Semua kandungan tersebut bisa Anda gunakan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh Anda.

Nah, Inilah beberapa khasiat yang akan terdapat di dalam Daun Tempuyung, yaitu :
1. Menyehatkan saluran kencing
Khasiat daun tempuyung yang pertama yaitu dapat menyehatkan saluran kencing. Daun ini akan mengusir berbagai macam kuman di saluran kencing Anda, sehingga dapat mencegah penyakit kesulitan buang air kecil.

2. Mengobati kencing batu
Khasiat daun tempuyung yang masih berhubungan dengan saluran kencing adalah mengobati penyakit kencing batu. Kandungan alami di dalam daun ini mampu mencegah timbulnya penyakit tersebut di saluran kencing Anda.

3. Mengatasi bisul
Khasiat daun tempuyung untuk kulit yaitu mengatasi bisul. Daun ini punya senyawa aktif yang bekerja seperti obat oles dalam meredakan bengkak pada bisul. Anda pun bisa menggunakan daun ini sebagai obat herbal yang digunakan pada kulit.

4. Obat usus buntu
Khasiat daun tempuyung yang baik untuk bagian dalam tubuh Anda yaitu mengobati usus buntu. Daun ini memiliki kandungan senyawa yang mudah untuk diserap tubuh sehingga mampu merasuk sampai organ usus Anda.

5. Mengatasi disentri
Khasiat daun tempuyung dalam mengatasi penyakit salah satunya adalah penyembuh penyakit disentri. Daun ini akan mencegah dan mengobati disentri sekaligus, sehingga tidak menyerang tumbuh Anda kembali.

6. Mengobati wasir
Penyakit lainnya yang dapat Anda obati dengan menggunakan daun tempuyung adalah wasir. Daun hijau ini akan membantu organ tubuh Anda untuk melawan wasir dan menghentikan sakitnya sehingga tidak mengganggu kesehatan sehar-hari.

7. Menyehatkan empedu
Salah satu bagian organ tubuh yang mampu dilindungi kesehatannya oleh daun tempuyung adalah empedu. Organ yang satu ini merupakan organ yang potensial untuk diserang penyakit, sehingga perlu perlindungan lebih.

8. Mencegah hipertensi
Khasiat daun tempuyung ternyata juga mampu menjadi obat yang mencegah penyakit darah tinggi atau hipertensi. Penyakit yang satu ini bisa diatasi dengan cara mengontrol tekanan darah agar tidak melonjak tinggi.

9. Menurunkan berat badan
Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, tak ada salahnya mencoba daun tempuyung sebagai ramuan herbal atau jamu yang mampu membentuk badan yang ideal. Jangan lupa untuk selalu mengatur pola makan Anda.

10. Mengatasi penyakit mastitis
Penyakit mastitis bisa Anda sembuhkan dengan memanfaatkan kahsiat daun tempuyung. Daun ini bisa Anda rebus kemudian Anda minum. Jika terasa pahit, Anda bisa menambahkan sedikit madu agar lebih nyaman saat mengonsumsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *