Freelance Yang Di Cari Indonesia

Freelance Yang Di Cari Indonesia

Freelance Yang Di Cari Indonesia

Untuk saat ini, di negara indonesia untuk di bagian menjual pasar online yang akan mencari freelancer ini yang di mana sebuah survei untuk melihat dan memahami kebutuhan para pengguna yang memiliki usaha untuk mendaftarkan di sebuha klien freelancer mereka dan yang sudah pernah menggunakan jasa freelance tersebut.

Untuk sebelumnya, freelancer ini merilis hasil survery yang terlihat bagaimana karateristik mereka dan pandangan para seluruh pekerja yang di indonesia ini terhadap pekerjaan freelance, jadi untuk para survery yang ke 2 kali ini, freelancer ini akan menyebarkan sebuah kuesioner kepada para orang indonesia yang mencapai kurang lebih 6000 klien freelancer yang di lakukan pada saat 25 mei tahun 2016 hingga sampai 29 juni 2016 ini.

Bidang usaha dari para responden cenderung bervariasi, mulai dari pengembangan website, pakaian & makanan, hingga desain.

Ukuran usaha mayoritas responden tergolong usaha kecil dimana 42 persen di antaranya hanya memiliki satu hingga lima orang staf/karyawan. Lebih dari 50 persen responden merasa keberadaan freelancer sangat penting karena terdapat beberapa pekerjaan yang membutuhkan keahlian tertentu yang tidak dimiliki oleh staf internal mereka saat ini.

Kebutuhan jasa freelancer pun tergolong cukup tinggi dimana lebih dari 80 persen responden menggunakan jasa freelancer hingga 3x per bulan, bahkan lebih dari 500 responden (9 persen) menggunakan jasa freelancer hingga lebih dari 10x per bulan.

Rata-rata pengeluaran yang dialokasi oleh responden untuk jasa freelancer tergolong bervariasi dan cukup terjangkau mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 3,5 juta per jasa freelancer dengan jasa freelance yang paling banyak dicari adalah website dan pengembangan (50 persen), desain dan multimedia (24 persen), penulisan (13 persen) dan marketing (10 persen).

“Dari kebutuhan jasa freelance yang dicari terlihat bahwa keahlian dari sisi teknologi informasi dan desain merupakan keahlian yang masih jarang dimiliki oleh para responden dan menjadi peluang besar bagi para freelancer untuk menawarkan jasa di bidang ini. Dari survei ini juga terlihat bahwa makin banyak para pelaku UKM yang melirik ekspansi usahanya secara online dengan memanfaatkan kecanggihan internet sehingga kebutuhan akan jasa pengembangan website, desain dan multimedia menjadi yang paling popular. Tentunya ekspansi usaha secara online dapat menjadi solusi akan keterbatasan modal usaha,”

Dalam survei ini, responden juga ditanya terkait mengapa mereka mencari jasa freelance di situs freelance dan apa saja kriteria dalam memilih situs freelance. Mayoritas responden menjawab bahwa situs freelance menawarkan banyak pilihan freelancer dan sangat memudahkan mereka dalam mencari jasa freelancer yang tepat.