Gejala Awal HIV.

Gejala Awal HIV.

Gejala Awal HIV.

Jenis Penyakit HIV ini sangat jarang yang mengalami hal seperti ini, namun hiv ini bisa menyerang ke dalam sel darah putih yang ada di dalam tubuh dan pada akhirnya akan mengakibatkan turunnya sistem imun atau kekebalan tubuh manusia.

Jika tidak ditangani, infeksi HIV akan terus menyerang sistem imun tubuh. Akibatnya, jumlah sel T/sel CD4 dalam tubuh akan semakin menurun, sehingga kemampuan tubuh untuk melawan infeksi semakin berkurang. Karena kondisi ini, lama-kelamaan orang yang terinfeksi HIV akan lebih mudah sakit-sakitan

Untuk gejala yang akan bisa menimbulkan HiV, yaitu :
1. Gejala serupa flu
Dalam 2-4 minggu dari awal infeksi HIV, 40-90 persen orang yang terinfeksi akan merasakan gejala serupa flu. Misalnya seperti demam yang kadang disertai keringat, terutama dirasakan saat malam hari. Demam muncul akibat virus yang masuk ke dalam aliran darah, lalu bermultiplikasi dalam jumlah besar, sehingga tubuh memberikan perlawanan berupa reaksi peradangan. Gejala serupa flu lainnya yang mungkin dialami adalah nyeri tenggorokan dan batuk kering.

2. Pembengkakan kelenjar getah bening
Gejala awal lain yang mungkin dialami pada tahap awal infeksi HIV adalah pembengkakan kelenjar getah bening. Kelenjar ini adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia, yang fungsinya adalah membunuh bakteri dan virus yang ditemukan dalam aliran darah. Kelenjar getah bening cenderung meradang pada saat terjadi infeksi, sehingga akan membesar. Lokasi yang banyak terdapat kelenjar getah bening antara lain pada ketiak, selangkangan, dan leher. Adanya nyeri pada ketiga area tersebut, terutama jika disertai munculnya benjolan, dapat menjadi tanda adanya pembengkakan kelenjar getah bening.

3. Kelelahan dan sakit kepala
Keluhan seperti kelelahan dan sakit kepala juga sering kali dialami pada tahap awal infeksi HIV. Peradangan dan perlawanan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi dapat membuat Anda merasa kelelahan dan merasa tenaga terkuras habis. Hal ini dapat disertai keluhan sakit kepala dan terengah-engah saat berjalan.

Jika ada orang yang mengalami hal gejala seperti yang di atas, maka ada 2 hal yang harus anda lakukan yaitu untuk cek ke dokter bahwa apakah anda tersebut adalah terkena HIV atau memang hanya sakit biasa saja.

Author: jordan smith