Hal Berbahaya Beli Cemilan Terhadap Anak

Hal Berbahaya Beri Cemilan Terhadap Anak

Hal Berbahaya Beli Cemilan Terhadap Anak

Banyak sekali zaman sekarang orang yang sudah bisa memberikan makanan cemilan terhadap anak yang masih di bawah usia kurang lebih 1 tahun, karena mungkin anda sangat menyayangi anaknya dan juga tidak tega melihat anaknya tidak ikut memakan cemilan ini jadi ke dua orang tua ini pun akan memberikan sedikit cemilan ke dalam mulut anda. karena anda sayang sama anaknya namun anda juga harus mengetahui apakah itu sangat bagus untuk anak anda jika di bawah 1 tahun memakan cemilan?

Mulai masuk usia 6 bulan, si kecil sudah mulai dikenalkan dengan makanan pendamping ASI. Untuk melengkapi nutrisinya, Anda bisa memberikan camilan di antara jadwal makan yang utama. Namun jangan sembarangan memberikan camilan pada anak. Yang harus anda perhatikan terhadap anak anda itu memberikan cemilan apa saja untuk anak anda, yaitu :
1. Pilih camilan yang sehat
Camilan yang sehat dan segar kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamjin, mineral, protein dan serat. Hindari makanan snack yang sudah diproses karena camilan jenis ini mengandung zat pengawet dan lemak tinggi.

Bagi Anda yang menitipkan si kecil di tempat penitipan anak, tanyakan pada pengelola penitipan anak tersebut, makanan apa saja yang akan diberikan pada si kecil. Jika perlu, bekali anak Anda dengan cemilan dari rumah.

2. Buat camilan sehat sendiri
Bagi orang tua yang sibuk, menyiapkan camilan anak memang akan memakan waktu sendiri. Namun jangan khawatir, ada beberapa camilan pilihan yang bisa Anda buatkan untuk si kecil seperti:
– Potongan buah segar
– Sereal dengan gula rendah dan gandum utuh
– Crackers gandum utuh
– Potongan keju

3. Ikuti pilihan si kecil
Sesekali, biarkan anak Anda memilih camilan apa yang ia mau. Hal ini dapat membantu anak untuk belajar membuat keputusan. Namun, jangan biarkan anak Anda hanya memilih makanan yang mereka sukai. Latih anak-anak untuk memilih menu dari yang sudah Anda siapkan.

4. Biarkan si kecil beradaptasi
Ketika anak Anda pertama kali menyantap sesuatu dan tidak suka, jangan dipaksa. Jangan lupa mereka butuh waktu untuk mengenali dan beradaptasi dengan makanan tersebut. Coba padu padankan makanan tersebut dengan makanan lain untuk memberi variasi rasa dan tekstur. Jika kombinasi makanan baru tersebut dapat diterima, berikan lagi makanan tersebut dalam menu selanjutnya.

5. Hindari makanan manis dan kalori tinggi
Terlalu sering memberikan camilan manis pada anak dapat mengganggu kesehatan anak. Makanan manis seringkali tidak mengandung nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan anak.

jadi jenis cemilan inilah yang boleh anda konsumsi untuk anak anda agar tidak terjadi panas dalam ataupun demam jika anda tidak memerhatikan cemilan apa untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *