Hal Penting Dalam Kelahiran Bayi Prematur

Hal Penting Dalam Kelahiran Bayi Prematur

Hal Penting Dalam Kelahiran Bayi Prematur

Hal Penting Dalam Kelahiran Bayi Prematur

Semua orang tua pastinya sangat menginginkan kelahiran bayi yang lancar tanpa ada gangguan, namun terkarang kelahiran lebih awal terjadi. Bila bayi sebelum lahir diusia 37 minggu dapat dikatakan bayi ini terlahir prematur.Berikut ini ada beberapa Hal mengenai Kelahiran bayi prematur.

1. Fakta Bayi Prematur
Kurang lebih ada 1.5 juta bayi terlahir prematr setiap tahunnya, menurut data statistik WHO tahun 2013. Jumlah ini terus bertambah setiap tahunnya. Indonesia berapa pada urutan ke 5 dari 10 negara dengan jumlah bayi prematur terbanyak di dunia. Penyebab utama bayi mengnggal adalah kelahiran prematur.

2. Karakteristik bayi prematur
Ciri-ciri bayi prematur

  • Ukuran lebih kecil dengan berat badan di bawah 2.5 kg
  • Kulit tipis dan rapuh
  • Banyak lanugo (rambut halus) di tubuh
  • Suhu tubuh lebih rendah
  • Memiliki masalah pernafasan
  • Kurangnya refleks dalam menyedot dan menelan

3. Penyebab kelahiran bayi prematur
Penyebab pasti dari kelahiran prematur belum diketahui. Namun kemungkinan lebih besar terjadi pada ibu yang pernah mengalami kelahiran prematur sebelumnya, kelahiran kembar, jarak dengan kehamilan sebelumnya kurang dari 6 bulan, keguguran atau aborsi berulang, infeksi pada ibu hamil dan ibu yang merokok atau menggunakan obat-obatan terlarang. Faktor psikologis seperti stress yang dialami ibu hamil, misalnya suami meninggal, dapat memicu kelahiran prematur.

4. Komplikasi bayi prematur
Karena bayi terlahir sebelum usia 37 minggu dimana proses pembentukan tubuh belum begitu sempurna, komplikasi sangat mungkin terjadi. Masalah utama yang mungkin dialami bayi prematur adalah masalah pernafasan dimana paru-paru bayi belum berfungsi dengan baik, maka umumnya bayi akan dibantu dengan alat setleah dilahirkan.

5. Penaganan Kelahiran bayi prematur
Pencegahan bayi lahir dalam keadaan prematur dengan injeksi saat kehamilan untuk membantu perkembangan paru-paru janin, bila diketahui ada kemungkinan tersebut. Penanganan yang khusus seperti dirawat di bagian NICU di rumah sakit menjadi cara utama untuk menolong bayi yang prematur.

Vayi munkin memerlukan bantuan alat, contohnya untuk disinar bila jumlah bilirubin tinggi atau pemberian antibiotik bila bayi mengalami infeksi. Sekarang metode ” Kangaroo mother care” (bayi dipeluk ibu agar mengalami skin-to-skin contact dan pemberian ASI yang sering) bisa diterapkan dan sangat membantu bayi prematur lebih sehat.

Author: jordan smith