hal Yang Berbahaya Untuk Bayi Baru Lahir

hal Yang Berbahaya Untuk Bayi Baru Lahir

hal Yang Berbahaya Untuk Bayi Baru Lahir

hal Yang Berbahaya Untuk Bayi Baru Lahir

Hal yang berbahaya untuk bayi ini apakah saja sih. mungkin banyak orang tua yang masih belum tau tentang hal yang berbahaya terhadap bayi. mungkin orang berpikir bahwa akhirnya selama mengandung dalam waktu 9 bulan ini, lahirlah buah hatinya dengan keluarga anda, Gembira dan senang rasanya, melihat perjuangan yang tak mudah yang selama ini istri jalani akhirnya berbuah dengan kehadiran si kecil yang sudah dinanti-nanti selama ini.

Dan setelah selesai proses persalinan, akhirnya sang ibunya akan bisa mendapatkan bawa si kecil ini pulang ke rumah dan mengurus serta untuk membesarkan mereka dengan ke dua orang tuanya. jadi, hal yang harus anda ketahui ketika bayi yang baru lahir tidaklah mudah untuk mengurusi, dibawah ini kita akan kenali hal apa saja yang tidak boeh dilakukan pada bayi baru lahir sebagai larangan atau pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh orangtuanya dalam menjaga dan mengurus si buah hati, seperti :
1. Menjemur Bayi di Bawah Sinar Matahari Langsung
Tidak sedikit orangtua yang memiliki bayi baru lahir menganggap bahwa menjemur bayi adalah kegiatan wajib yang harus dilakukan. Dan ironisnya, tidak ada aturan khusus yang mereka perhatikan pada saat menjemur buah hati mereka yang masih begitu kecil dengan meletakkanya diatas meja dan ditempatkan dibawah paparan sinar matahari secara langsung.

2. Mengkonsumsi Air Putih
Banyak ibu yang kurang mengindahkan larangan untuk tidak memberikan jenis makanan atau minuman lain pada bayi mereka sebelum usianya 6 bulan. Mereka menganggap bahwa pemberian air putih adalah hal yang wajar dan dianggap sebagai hal yang biasa. Akan tetapi, perhatikan kembali hal yang dibutuhkan bayi sebelum usianya menginjak 6 bulan adalah ASI dari ibunya. Dan ini pun sudah cukup.

3. Mengenakan Sarung Tangan dan Kaki Sepanjang Hari
Tidak sedikit ibu yang akan dengan senang hati mengenakan sarungan tangan dan kaki pada buah hati mereka yang baru lahir. Bukan lagi sebagai alasan keselamatan agar kulit bayi tak tergores dengan kuku-kukunya. Saat itu, rasanya kegunaan sarung tangan dan kaki sudah bukan lagi untuk hal tersebut, melainkan untuk aksesoris yang membuat bayi mereka terlihat lebih menggemaskan.

4. Menggunakan Popok Terus Menerus
Penggunaan diaper atau popok yang terus menerus dalam jangka waktu yang lama, akan dapat mengakibatkan bayi mengalami ruam dibagian selangkangannya. Kondisi ini tentu akan membuat bayi merasa tidak nyaman, sebab perasaa gatal dan perih akan mungkin dialami oleh si bayi. Untuk itu, sebaiknya gunakan popok secara bergantian dan tidak terlalu lama.

5. Membalurkan Minyak Penghangat
Ini adalah salah satu kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh banyak orangtua. Selain itu, memberikan bayi mereka minyak penghangat seolah telah menjadi budaya untuk sebagian besar ibu di Indonesia.

Perlu diingat, kondisi kulit bayi baru lahir masih begitu sensitif, pemakaian minyak penghangat pada kulit bayi dikhawatirkan akan membuat kulitnya menjadi teriritasi. Untuk itu, sebaiknya tunda terlebih dahulu memberikan minyak penghangat seperti minyak telon untuk si buah hati sampai usianya cukup.

6. Jangan Gunakan Bedak
Tentunya, kulit bayi yang baru lahir masih sangat sensitif. Maka dari itu, pantang bagi Anda untuk mengaplikasikan bedak tabur pada tubuh bayi baru lahir. Hal ini akan berakibat pada kulit tubuh bayi yang rentan terkena iritasi sehingga akan timbul bintik-bintik merah atau ruam merah. Kondisi ini akan membuat bayi Anda merasa tidak nyaman sehingga akan rewel dan juga sering menangis. Biarlah hanya gunakan minyak telon jika memang diperlukan karena tubuh bayi tidak menimbulkan bau yang berlebihan.

jadi beberapa hal yang harus anda hindari ketika anda mengendong bayi ataupun poisisi bayi yang sedang tidur, Bagaimnapun juga merawat bayi baru lahir memang membutuhkan ketelitian dan juga keseriusan dari kita sebagai orangtua. Maka dari itu, kita harus telaten dan berhati-hati dalam merawat bayi baru lahir.

Author: jordan smith