Infeksi telinga pada bayi

Infeksi Telinga Pada Bayi

Infeksi telinga pada bayi

Infeksi Telinga Pada Bayi

Infeksi Telinga Pada Bayi disebabkan oleh virus dan bakteri. kondisi yang terjadi pada bayi yang mengalami ini adalah cairan yang menumpuk pada belakang gendang telinga. Pada umumnya cairan yang masuk ke telinga bayi melalui Tuba eustachius. Saluran ini bisa menghubungkan telinga pada bagian tengah dan telinga hidung dan tenggorokan.

Sedangkan pada kondisi anak tertentu misalnya mengalami pilek, infeksi sinus maka akan memblokir tabung euxtachius. Pada cairan yang terjebak dalam telinga bayi inilah yang menyebabkan kuman bisa tumbuh. Kondisi mendukung yang membuat kuman dapat berkembang biak dengan sempurna. Bahkan apabila semakin infeksi maka akan membuat semakin memburuk. Dan peradangan yang terjadi pada belakang telinga semakin memburuk sehingga menyebabkan infeksi yang membuat kondisi bayi kesakitan.

Gejala gejala yang pada bayi

Bayi yang mengalami infeksi pada bagian telinga seringkali juga dengan demam. Penyebab demam adalah antibodi menyerang infeksi yang terjadi pada tubuh bayi. Pada kondisi yang semakin buruk akan menyebabkan telinga menjadi mengalami peradangan, gendang telinga memerah, demam atau ototitis media akut.

Berikut adalah beberapa cara mudah untuk megetahuinya :

  • Apabila bayi sering menarik narik telinga menjadi tanda ketidaknyaman pada bagian telinga. sehingga anda dapat memeriksa apakah telinganya bermasalah atau tidak.
  • Bayi anda cenderung mengalami gangguan kesehatan gejalanya seperti muntah, diare. Penyebabnya karena adanya infeksi bakteri dan virus yang mempengaruhi sistem pencernaan bayi.
  • Bayi anda yang sudah mendapatkan makanan pendamping ASI seringkali menolak makanan. Nafsu makan anak anda berkurang dan mengakibatkan gangguan pencernaan. Infeksi pada telinga dapat membuat bayi tersakiti sehingga menggangu proses makan seperti menelan dan mengunyah. Bahkan pada bayi yang belum dapat MPASI seringkali menarik diri ketika sedang menyusu.
  • Seringkali pada telinga bayi mengeluarkan cairan kuning atau warna putih yang mengalir. Kondisi ini menyatakan bahwa anak anda mengalami infeksi. Penyebabnya karena lubang kecil yang muncul pada gendang telinga akan tetapi anda tidak perlu khawatir segera bawa ke dokter untuk memberikan penanganan.

Anda dapat segera membawa ke dokter apabila anak anda muncul bau yang tidak sedap pada telinga bayi kemudian sulit tidur dan seringkali merasakan gelisah karena telinga yang menyakitkan. Perlu anda ketahui bahwa infeksi telinga pada gangguan kesehatan anak seringkali menyerang pada usia dini. Sehingga sangat penting memperhatikan kesehatan dan perawatan telinga bayi sejak usia dini untuk menghindari infeksi yang terjadi.

Baca juga : Tips Penyimpanan Asi Perah

Author: jordan smith