Jangan Paksa Bayi Kenal Semua Jenis Makanan

jangan-paksa-bayi-kenal-semua-jenis-makanan

Jangan Paksa Bayi Kenal Semua Jenis Makanan – Untuk bunda yang sedang mengenalkan makanan pendamping ASI untuk bayi, sebaiknya jangan terlalu buru-buru melakukannya. Bunda harus menyesuaikan usia bayi pada saat itu dan memberikan makanan pendamping dengan cara bertahap. Pada usia 6-9 bulan sebaiknya bunda memberikan bubur susu bagi baby.

Bunda juga dapat memberikan bubur buah pada usia tersebut. Untuk bayi yang sudah berumur 10-12 bulan, bunda dapat memberikan beberapa variasi makanan padat, tapi perlu di ingat bahwa makanan tersebut tetap harus memiliki tekstur yang lunak.

“Jika ibu mau mengenalkan bayi makanan, harus disesuaikan dengan usianya. Jangan sampai ibu memberikan semua jenis makanan pada bayi ibu. Gunakan tahapan dalam memberikan bayi ibu makanan untuk tumbuh kembang yang baik dan juga dengan begitu ibu dapat mendeteksi alergi yang timbul dari pemberian makan bayi,” ujar Dr. Widjaja Lukito, SpGK.

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari beberapa sumber terkemuka seperti Institute og Health, sebaiknya untuk pemberian makanan harus dikenalkan satu persatu dalam beberapa hari sehingga dapat terlihat efek apa yang akan terjadi. Contohnya bunda dapat memberikan bayi bunda buah pisang untuk di konsumsinya selama kurang lebih 2 hari berturut-turut. Karena untuk dapat memantau perkembangan dan juga alergi yang mungkin terjadi,membutuhkan waktu 2-3 hari dalam masa konsumsinya.

Perkembangan bayi memang sangat tergantung dari makanan apa yang di makannya, namun bukan berarti semua makanan dapat masuk kedalam tubuhnya.

Untuk usia yang sudah berlanjut ke tahap berikutnya bunda dapat memberikan bayi bunda nasi tim campur dengan sayur dan daging atau ikan. Jika sudah cukup mencoba beberapa jenis makanan tersebut, selanjutnya bunda dapat memberikan makanan pada bayi bunda berupa finger food atau makanan yang dapat di genggamnya sendiri. Makanan finger food ini dapat berupa wortel rebus, biskuit bayi, buncis atau brokoli.

Finger food ini memiliki fungsi yaitu untuk melatih daya genggam bagi tangan dan jari bayi, serta untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi.

Oleh sebab itu, bunda tidak dapat memaksa bayi untuk mengenal semua jenis makanan pada saat usia bayi bunda belum siap.

Author: jordan smith