Jenis Makanan yang Harus dihindari Bayi di Bawah 1 Tahun

Jenis Makanan yang Harus dihindari Bayi di Bawah 1 Tahun – Di karuniai bayi pastinya keinginan setiap orang yang telah menikah. Namun hal yang terpenting jika telah memiliki bayi merupakan untuk selalu memberikan asupan gizi/makanan yang akan membantu perkembangan bayi. Memilih makanan untuk bayi tentu merupakan hal yang harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Alasan utamanya adalah karena pada kenyataannya, ada beberapa jenis makanan yang sebenarnya harus dihindari dan tidak boleh dikonsumsi oleh bayi.

Baca juga: Kebiasaan Sehat Yang Harus Di Ajarkan Pada Anak Kecil

Agar kesehetan si bayi terjaga, anda harus menghindari makanan ini terhadap bayi anda, berikut jenis makanan yang harus di hindari dari bayi berusia di bawah 1 tahun.

1. Susu sapi
Jangan menggunakan susu sapi sebagai pengganti ASI untuk bayi. Jika Bunda tidak memungkinkan untuk menyusui, berikan ia susu formula yang sudah diproses untuk bisa dicerna oleh bayi. Namun susu sapi yang terdapat dalam yogurt atau kue cukup aman untuk bayi.

2. Madu
Madu mengandung bakteri yang dapat menyebabkan botulisme pada bayi di bawah 1 tahun.

3. Makanan yang lengket atau keras
Makanan lengket atau keras berisiko membuat bayi tersedak. Seperti popcorn, marshmallow, permen, dan lain sebagainya.

4. Sayuran atau buah keras mentah
Sayuran atau buah yang keras bisa diberikan mentah jika bayi sudah punya cukup gigi untuk mengunyahnya. Seperti wortel, potongan buah kaleng, juga buah-buahan bulat besar speerti anggur.

5. Kacang-kacangan
Semua jenis kacang-kacangan berisiko membuat anak di bawah 4 tahun tersedak. Tapi selai kacang tentunya aman.

6. Minuman mengandung kafein
Minuman berkafein seperti soda, teh, atau bahkan kopi. Tidak hanya untuk bayi, minuman-minuman ini juga sebaiknya tidak diberikan untuk balita.

7. Jus buah lebih dari 120ml
Kebanyakan minum jus buah dapat berisiko mengakibatkan anak mengalami malnutrisi dan anemia. Selain itu juga bisa menyebabkan diare, merusak enamel gigi, perawakan tubuh pendek, hingga obesitas kelak.

8. Keju yang tidak dipasteurisasi
Keju yang dipasteurisasi bisa menyebabkan risiko keracunan pada bayi. Periksalah label keju yang Anda beli sebelum memberikannya pada bayi.

9. Makanan laut
Makanan laut seperti kerang, udang, lobster, kepiting, dapat memicu alergi pada bayi. Bicarakan terlebih dahulu dengan dokter Anda jika ingin memberikan makanan laut untuk bayi di bawah 1 tahun.

10. Ikan yang tinggi kandungan merkuri
Seperti swordfish atau ikan pedang, ikan hiu, tilefish, dan king mackarel. Bahkan orang dewasa juga tidak boleh memakannya terlalu sering, terutama ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *