Kebiasaan Sehat Yang Harus Di Ajarkan Pada Anak Kecil

Kebiasaan Sehat Yang Harus Di Ajarkan Pada Anak Kecil – Setiap orang tua pasti ingi anaknya tumbuh menjadi sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Sekarang sudah banyak virus dan bekteri yang sangat mudah menyerang anak kecil, karna tidak melakukan kebersihan pada tubuhnya. Untuk mencegah hal tersebut terjadi mam kepada anak kecil, maka ajri mereka dalam melakukan kebersihan. Berikut beberapa hal yang harus di ajarkan pada anak kecil agar anak anda jauh dari penyakit.

Baca juga: Mengenalkan Jenis Olahraga Terhadap Anak

Mencuci tangan sebelum makan

Mencuci tangan sebelum makan

Ajarkan juga kebiasaan mencuci tangan sebelum makan, terutama jika si kecil habis beraktivitas. Beritahu jika banyak kuman yang ada di tangan dan akan memberi banyak penyakit jika mereka tidak mencuci tangan. Usahakan supaya anak anda mencuci tangan kurang lebih 20 detik, menggunakan sabun, dan ajarkan cara tepat mencuci tangan bukan hanya sekedar membasahi tangan saja.

Sikat Gigi Sebelum Tidur

Sikat Gigi Sebelum Tidur

Sikat gigi sebelum tidur penting sekali, bahkan harus dilakukan mulai dari si kecil masih bayi. Dengan menerapkan kebiasaan sehat menggosok gigi sebelum tidur, anak akan terhindar dari bakteri dan kuman penyebab perusak gigi. Selain itu, memperkenalkan si kecil kepada dokter gigi sejak dini juga penting. Supaya si kecil tidak takut ke dokter gigi, dan tidak akan sulit diperiksa giginya. Jangan bawa anak anda ke dokter gigi hanya ketika giginya rusak, atau Si Kecil akan merasa trauma untuk datang dan sulit saat akan melakukan pemeriksaan.

Mandi

Mandi

Mandi adalah hal wajib. Biasakan mandi sehari 2x untuk menghindari dari biang keringat, dan kuman-kuman serta bakteri penyebab penyakit. Namun jangan mandi terlalu sering juga, karena dapat menyebabkan kulit si kecil menjadi kering.

Berolahraga

Berolahraga

Mengenalkan olahraga baik dilakukan sejak kecil. Kalau bisa anda sudah mulai melakukan gerakan senam sederhana. Setelah semakin besar, Si Kecil bisa diajak bermain sepeda, berenang, yoga, atau sekadar melakukan permainan fisik di taman seperti monkey bar climbing dan tangkap bola. Selain bisa melatih motorik kasar pada anak, berolahraga juga dapat membantu anak menjadi lebih sehat.

Tidur siang

Tidur siang

Pada usia golden age, pasti Si Kecil sedang aktif-aktifnya ingin melakukan kegiatan ini dan itu. Di sela-sela kegiatan serta keaktifannya, si kecil tetap harus beristirahat yang cukup supaya tetap fit, moodnya terjaga, dan memiliki cukup energi untuk beraktivitas keesokan harinya. Namun jangan biasakan tidur siang terlalu lama, atau di malam hari si kecil akan kesulitan untuk tidur dan akan merusak waktu istirahatnya. Bagi anak balita umur 1-5 tahun, cukup tidur selama 1 jam atau paling lama 2 jam di siang hari hanya untuk me-recharge tenaganya kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *