Kenapa Kepala Rata Terhadap Bayi? Inilah alasannya

Kenapa Kepala Rata Terhadap Bayi? Inilah alasannya

Kenapa Kepala Rata Terhadap Bayi? Inilah alasannya

pada saat bayi melahirkan, pada ke dua orang tua tidak mengetahui apakah bayi tersebut terlahir dengan normal atau tidak, akan tetapi anda bisa melihat baahwa bayi yang berkepala gepeng atau lurus itu berasal dari tidurnya terlentang. sebenarnya ada 2 jenis untuk macam bayi yang berkepala rata ini yaitu yang pertama :
1. bayi yang berkepala rata di satu sisi tertentu atau di sebut dengan nama plagiocephaly.
2. bayi yang berkepala rata di bagian belakang itu dengan nama brachycephaly

kejadian hal yang seperti dengan kepala bayi ini hal yang sangat umum, dan berikut ini kami akan memberikan beberapa penyebab kenapa bisa terjadi seperti ini, yaitu :

> masalah di dalam kandungan
tekanan yang di kepala bayi bisa saja hal terjadi di alami sejak bayi yang masih ada di dalam kandunan atau diakibatkan kurangnya cairan amniotik yang membantali kepala bayi di dalam rahim.

> pada saat melahir secara prematur
Bayi-bayi yang lahir prematur lebih besar kemungkinannya mengalami kepala rata karena tulang tengkorak mereka lebih lunak saat dilahirkan dan mereka selalu terbaring dalam satu posisi saja karena tak mampu menggerakkan badan dan mengubah posisi tidur.

> pada saat mengandung bayi, otot leher kaku
apabila otot leher kaku, maka sang bayi tersebut juga tidak bisa menggerakkan kepalanya sehingga hanya salah satu di bagian sisi kepala bayi yang harus mendapatkan tekanan. Jika dokter menyatakan bayi mengalami plagiocephaly, anjurannya disesuaikan dengan usia dan seberapa parah kondisi.

Bila masalah di tengkorak masih ringan dan usia bayi kurang dari 4 bulan, teknik reposisi masih bisa digunakan untuk mengatasi sindrom kepala bayi yang merata, kami juga ada cara lain yang bisa di lakukan yaitu :

> Tengkurapkan bayi
Sekali-sekali, tengkurapkan bayi bila terjaga tapi biarkan tidur telentang karena itulah posisi yang paling aman.

> Ubah posisi mainan
Ubah posisi mainan, misalnya dari kiri ke kanan dan sebaliknya, agar kepala bayi juga ikut bergerak dan tidak terpaku pada satu sisi.

> Ubah posisi kepala bayi saat disusui atau digendong

> Kurangi waktu berbaring bayi di permukaan keras
Jangan biarkan anak terlalu lama berbaring di kursi mobil dan kereta bayi. Bila memungkinkan, gunakan alat gendong di depan tubuh orang tua.

jadi inilah beberapa efek akibat bayi yang berkepala rata dan cara untuk membuat kepala bayi rata. dari contoh yang di atas itu semoga ke dua orang tua lebih memerhatikan sang buah hatinya agar tidak kenapa – napa dengan sang bayinya. sekian dan terima kasih.