Kesehatan Apa Saja Yang Terdapat Dari Buah Salak?

Kesehatan Apa Saja Yang Terdapat Dari Buah Salak?

Kesehatan Apa Saja Yang Terdapat Dari Buah Salak?

Kesehatan Apa Saja Yang Terdapat Dari Buah Salak?

Apa sih buah salak ini yang membuat kalian menjadi ketagihan? dan siapa yang tidak mengetahui tentang buah salak nie? Salak adalah buah yang batangnya mirip dengan batang sawit. Salak ini memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan kita. Nama Latin buah ini adalah Salacca zalacca. Buah SAlak ini memiliki warna kulit kecoklatan dan juga bersisik tajam. Namun daging buah salak yang berwarna putih ini ternyata mengandung nutrisi yang cukup tinggi.

Ternyata Buah Salak ini juga memiliki Beberapa khasiat yang terdapat di dalam dagingnya, dan buah Salak ini juga terdapat kandungan Gizi seperti Energi, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, Vitamin C, serat, dan sebagainya. Daging buahnya berwarna putih dengan biji buah berwarna sama seperti kulit buahnya. Rasa buah salak bervariasi, ada yang manis dan ada juga yang manis bercampur dengan sedikit asam namun tetap lezat untuk dinikmati.

Tak heran kalau banyak orang yang menyukai dengan buah salak ini dengan memiliki rasa yang manis, dan juga memiliki kandungan banyak gizi untuk kesehatan tubuh kita. Nah< apa saja manfaat yang terdapat di dalam buah salak ini? yaitu terdapat beberapa manfaat di antara lain :
1. Manfaat buah salak Untuk Kesehatan Mata
Khasiat buah salak untuk kesehatan yang pertama adalah untuk kesehatan mata kita. Kandungan betakaroten pada salak dapat menjaga kesehatan mata kita. Bahkan kandungannya sampai 5,5 kali lebih besar dari buah mangga dan 5 kali lebih besar dari semangka, wortel, tomat dan mangga. Jadi jika kita tidak menyukai wortel, bisa menggunakan salak sebagai buah alternatif memenuhi kebutuhan kesehatan mata. Manfaat salak untuk mata didukung dengan vitamin A yang ada di dalam buah ini. Mata kita akan jauh lebih sehat. Selain itu, pandangan pun akan bertambah tajam. Kita tak perlu takut terkena penyakit rabun jauh atau dekat.Dan untuk kita yang terlalu sering berada di depan komputer atau sering terkena layar HP, disarankan untuk mengkonsumsi salak agar kesehatan mata tetap terjaga.

2. Manfaat buah salak Untuk Obat Diare
Yang satu ini adalah Manfaat buah salak yang sangat terkenal dan sering dilakukan di rumah. Kandungan serat yang cukup tinggi pada salak dapat mengobati diare. Khasiat salak untuk penyakit diare sudah terbukti. Salak mengandung tanin yang telah banyak dikenal sebagai bahan pengobatan pada diare. Buah salak ini juga mengandung senyawa yang bisa mengusir bakteri penyebab diare, sehingga gejala sakitnya dapat dihentikan. Nah, saat kita tersersng diare, usahakan untuk mengonsumsi buah salak dengan rutin untuk mengurangi diare yang kita alami.

3. Manfaat buah salak Untuk Diet
Siapa sangka ternyata buah salak bisa digunakan untuk diet ? Kandungan fitonutrien pada buah salak ternyata sangat bermanfaat untuk kita yang sedang menjalankan program diet. Selain itu terdapat 2mg Vitamin C pada salak yang dapat membantu memperlancar pencernaan kita. Kita tidak memerlukan makanan mahal atau mewah untuk program diet. Apalagi dengan obat-obat yang membantu program diet kita. Cukup dengan memasukkan buah salak ke dalam daftar menu diet sehat kita, kita dapat menjalankan program diet kita scara aman dan tidak mengeluarkan banyak biaya. Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi mampu untuk menahan lapar ketika sedang menjalankan program diet. Buah ini juga mudah didapatkan disekitar kita untuk dikonsumsi. Agar program diet kita berhasil, maka knsumsilah buah salak ini secara teratur.

4. Manfaat Buah Salak untuk Mencegah Kanker
Satu lagi nih manfaat buah salak yang sangat luar biasa untuk kita, yaitu mampu mencegah kanker. Buah ini juga kaya antioksidan yang dapat mencegah tumbuh-kembang sel kanker penyebab kanker. Kulit ari pada buah ini akan membantu tubuh kita untuk memperbaiki jaringan sel yang rusak. Perlu di ketahui bahwa salah satu penyabab munculnya penyakit kanker adalah akibat kerusakan sel pada tubuh. Oleh karena itu, jika kita mengkonsumsi salak, tidak perlu untuk mengupas atau membersihkan kulit arinya. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada pada kulit ari buah salak, jadi kalau mengkonsumsi salak, jangan dibuang kulit arinya ya.

5. Manfaat Buah Salak untuk Pencernaan
Selama ini yang kita ketahui bahwa jika terlalu banyak mengkonsumsi salak dapat mengakibatkan konstipasi atau susah BAB. Nah, ternyata kulit ari buah salak mengandung serat yang cukup tinggi, jadi kalau makan salak kulit arinya jangan dibuang karena kulit ari buah salak bermanfaat untuk melancarkan dan menyehatkan pencernaan kita. Selain enak, buah salak juga mudah dicerna oleh pencernaan. Dengan begitu, buah ini dapat membantu pencernaan kita agar lebih lancar dan sehat. Kita tidak akan merasakan penyakit seperti kesulitan BAB.

6. Manfaat Buah Salak untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Khasiat buah salak untuk kesehatan yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Buah salak juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh kita. Kandungan vitamin C pada salak meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus penyakit. Khasiat salak untuk daya tahan tubuh juga sudah terbukti dengan pengujian kandungan vitamin dan mineralnya. Terutama kandungan vitamin C yang sangat dibutuhkan untuk memperkuat ketahan tubuh dari serangan penyakit.

7. Manfaat Buah Salak untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak
Khasiat buah salak untuk kesehatan yang satu ini juga penting, meningkatkan kecerdasan otak. Percaya atau tidak, ternyata buah salak memang mampu untuk meningkatkan kecerdasan pada otak kita. Berdasarkan hasil peneilitian, buah salak mampu meningkatkan kinerja otak dengan membawa kandungan pottasium dan pektin, yang dapat menutrisi beberapa syaraf serta mampu memperlancar dan mengendalikan peredaran darah menuju otak. Otak kita tidak hanya perlu dilatih namun juga perlu diberi asupan gizi melalu makanan apa saja yang kita konsumsi. Maka dari itu, mulailah mengkonsumsi buah salak agar otak lebih cerdas.

8. Manfaat Buah Salak untuk Menjaga Stamina
Kalsium yang terdapat pada buah salak juga bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh kita. Stamina tubuh yang prima akan membuat kita siap untuk melakukan aktivitas setiap hari. Manfaat salak untuk stamina tubuh yaitu menjaganya agar tetap fit dan tidak mudah lelah. Buah ini cocok untuk kita dengan profesi kerja yang cukup berat, ataupun dengan aktifitas diluar kerja yang cukup padat.

9. Manfaat Buah Salak untuk Mengatasi Anemia
Khasiat buah salak untuk kesehatan juga bisa untuk mengatasi anemia, hal ini dikarenakan kandungan tiamin dan manfaat zat besi yang sangat baik untuk membantu kesehatan ibu hamil. Zat besi menjadi salah satu pemeran penting dalam memproduksi sel darah merah. Ibu hamil membutuhkan sel darah merah yang lebih tinggi karena digunakan untuk menyumbang oksigen lewat plasenta pada janin. Kekurangan oksigen akan sangat berbahaya pada nyawa janin dan ibu hamil.

10. Manfaat Buah Salak sebagai Agen Antioksidan
Kita tentu tahu bahwa zat antioksidan sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Buah salak juga menjadi salah satu jenis buah yang mampu menjadi anti oksidan. Antioksidan bermanfaat untuk mencegah berabgai penyakit dan radikal bebas. Selain itu senyawa alami yang ditemukan dalam salak juga berkhasiat untuk mengatasi resiko penyakit jantung dan kanker pada janin maupun ibu hamil.

Inilah Beberapa manfaat yang terdapat di dalam buah salak dan bukan cuman hanya daging salak yang memiliki kandungan nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh anda, namun kulit salak ini juga bisa akan menjadi manfaat kesehatan bagi kita, jadi apalagi ayo konsumsi buah salak ini setiap hari agar untuk menjaga kesehatan anda.

Author: jordan smith