Kesukaan Anak Untuk Bermain Musik

Kesukaan Anak Untuk Bermain Musik

Kesukaan Anak Untuk Bermain Musik

Ank kecil yang menyukai musik ini hanya bukan untuk sekedar mendengar saja, namun anak mendengar musik ini hanya untuk menjadikan sebagai sarana hiburan, namun hal ini juga sangat bermanfaat untuk bagi kecerdasan terhadap anak.Jika anak Anda tampak memiliki minat pada dunia musik, maka tak ada salahnya untuk mengikutkan anak les bermain alat musik.

Apakah manfaat untuk anak jika mencoba belajar bermain alat musik? Sebenarnya anak untuk belajar bermain musik itu sangat manfaat sekali, di karenakan anak anda bermain musik ini untuk bisa meningkatkan kecerdasan anak secara akademis dan membuat anak lebih tenang. Manfaat bagi untuk anak ketika belajar bermain musik, yaitu :
1. Meningkatkan kemampuan akademik
Musik mirip dengan matematika. Ketika anak mengenal ketukan, mereka akan belajar tentang pola, membagi tempo dan fraksi. Lynn Kleiner, pendiri Music Rhapsody di Redondo Beach, California menyebutkan bahwa anak yang belajar musik umumnya memiliki kemampuan matematika yang lebih baik. Bermain musik juga membantu anak mengenal ilmu fisika dasar seperti belajar mengenai getaran dan harmonisasi.

2. Melatih kemampuan motorik dan koordinasi
Beberapa alat musik tetentu seperti perkusi melatih koordinasi gerakan antara tangan dan kaki, karena itu anak yang aktif cocok untuk berlatih alat musik tersebut. Sedangkan alat musik seperti biola dan piano butuh keseimbangan dan koordinasi tangan yang baik antara tangan kanan dan kiri.

3. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi
Bermain musik dalam kelompok melatih anak untuk bekerja sama dalam tim. Anak akan belajar menempatkan diri dan mengatur permainan musiknya apakah temponya terlalu lambat atau cepat, apakah volume yang ia mainkan terlalu kerasa atau tidak, dan sebagainya. Mereka juga dituntut untuk memiliki kerja sama yang baik saat akan menciptakan melodi yang baru.

4. Melatih disiplin, kerja keras dan kesabaran
Latihan membuat permainan anak sempurna. Bermain alat musik tentunya dimulai dari tahapan paling sederhana. Berlatih alat musik membuat anak belajar mengenal dan menghargai proses, sebelum akhirnya bisa memainkan alat musik tersebut dan tampil seorang diri atau bersama kelompok.

5. Membangun kepercayaan diri anak
Ketika anak harus tampil di depan umum, anak tentu harus berlatih agar dapat tampil maksimal. Saat berlatih, anak dapat belajar memperbaiki kekurangan dan membangun rasa percaya dirinya.

Beberapa manfaat inilah anak yang belajar untuk bermain musik, jadi kita sebagai orang tua pun harus menyetujui anak kita untuk belajar main musik di karenakan suatu saat nanti juga anak pasti mempunyai cita – cita menyanyi dan bisa saja menjadi artis lho.