Makanan Yang Tidak Boleh Di Konsumsi Pada Saat Anak Demam

Makanan Yang Tidak Boleh Di Konsumsi Pada Saat Anak Demam – Pada saat sedang sakit umumnya selera makannya akan menurun. Namun tidak sedikit pula orang tua yang selalu memberikan makanan pada anak, agar panas demam pada anak akan turun. Ternyata tidak semua jenis makanan yang bisa di makan oleh anak pada saat terkena panas demam. Terdapat juga beberapa makanan yang malah akan menambah demam yang sedang di derita oleh anak akan semakin parah dan semakin lama anak akan sembuh.

Baca juga: Makanan Untuk Anak Ketika Demam

Maka dari itu, orang tua harus lebih berhati-hati lagi dalam memberikan makanan terhadap anak yang sedang demam. Agar para orang tua tidak salah memberikan makanan terhadap anak, sebaiknya kenali terlebih dahulu makanan tersebut sebelum di berikan pada ana. Nah berikut makanan yang tidak boleh di makan oleh anak pada saat sedang demam.

Makanan Instan

Makanan instan bisa berupa makanan kemasan yang bisa langsung dikonsusmi atau hanya dimakan sesaat. Contoh makanan jenis ini adalah mie, sarden, buah kaleng, dan sebagainya. Termasuk makanan instan adalah makanan cepat saji yang banyak menjadi menu restoran dan usaha gerobak franchise lokal. Contoh jenis makanan ini adalah ayam goreng tepung. Makanan-makanan tersebut dilarang saat anak panas karena mengandung banyak garam, penambah rasa, dan pengawet. Di mana kandungan tersebut dapat memicu panas semakin tinggi, makanan penyebab demam tinggi. Lebih baik sediakan makanan rumahan sesuai resep makanan untuk anak demam, seperti sup ayam yang menghangatkan tubuh.

Gula

Gula harus dihindari saat tubuh anak demam. Konsumsilah gula alami dari buah-buahan penurun panas anak. Konsumsi gula, apalagi ditambah bahan pengawet dapat menyebabkan peradangan semakin meningkat dan penyakit sukar atau lama penyembuhannya. Jika ingin membuat teh misalnya, gantilah fungsi gula dengan madu. Manfaat madu untuk demam justru sangat baik.

Gorengan

Gorengan, sama dengan daging merah yang banyak mengandung lemak. Apalagi jika minyak yang digunakan sudah digunakan beberapa kali sehingga tidak sehat. Larang anak untuk makan gorengan saat sakit dan masa penyembuhan. Demam hidung tersumbat dan demam akibat radang tenggorokan akan sulit untuk sembuh jika makan ini

Makana Bersantan

Makanan bersantan, mempunyai kadar lemak yang tinggi. Hal ini juga dilarang bagi anak yang panas. Lemak juga merupakan makanan yang sulit dicerna. Dengan konsumsi lemak, energi yang dibutuhkan untuk mencerna makanan lebih besar. Padahal tubuh sedang membutuhkan banyak energi pula untuk melawan penyakit.

Es

Segala jenis es, tidak baik untuk anak demam. Ini merupakan makanan yang dilarang saat anak demam dan wajib dihindari. Meskipun anak yang demam panas cenderung menyukai minum dingin ini apalagi jika tubuh mulai dehidrasi akan terasa menyegarkan. Namun, kandungan es seperti gula, menyebabkan peradangan meningkat. Penguapan panas juga melambat.

Daging Merah

Daging merah mengandung lemak tinggi. Daging merah sementara harus dihindari oleh anak yang demam. Makanan ini juga akan memperlambat penyembuhan. Jika ingin menambahkan daging pada sup, gunakanlah daging ayam atau ikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *