Manfaat Buah Salak Bagi Ibu Yang Sedang Hamil

Manfaat Buah Salak – Siapa yang tak kenal dengan buah salah? buah ini sangat lah di sukai oleh orang banyak karna memiliki banyak varias rasa, mulai dari yang manis hingga yang paling asam. Selain itu buah yang satu ini pun mempunyai kulit yang unik, sepeti sisik ular dan cukup keras. Daging dari kulit salak pun dilapisi oleh kulit yang sangat tipis. Meskipun memiliki kulit yang tipis, jika sedang memakan salah jika kulitnya tanpa di kupas pun tak akan memberikan efek samping yang berbahaya.

Baca juga: 

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak

Cara Menenangkan Bayi Yang Sedang Menangis

Buah yang satu ini ternyata sangat bermanfaat loh gaes bagi ibu yang sedang hamil. Memang benar terdapat beberapa jenis buah yang tak boleh untuk di makan oleh ibu yang sedang hamil, seperti nanas. Namun berbeda dengan salak yang malah akan memberikan dampak positif bagi ibu yang sedang hamil. Mau tau apa saja itu manfaat salah bagi ibu hamil? berikut manfaatnya ya gaes.

Sebagai agen antioksidan

Salak adalah salah satu jenis buah yang mengandung senyawa beta karoten. Bahkan kandungan beta karoten dalam buah salak lebih tinggi 3 kali daripada manfaat mangga untuk ibu hamil. Senyawa ini bekerja sebagai antioksidan alami dalam tubuh. Antioksidan diperlukan oleh ibu hamil untuk mencegah berbagai jenis penyakit dan melawan radikal bebas yang sangat berbahaya untuk janin dan ibu hamil. Selain itu senyawa alami yang ditemukan dalam salak juga berkhasiat untuk mengatasi resiko penyakit jantung dan kanker pada janin maupun ibu hamil.

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Kandungan vitamin C dan zat tannin bisa menjadi keuntungan besar dalam manfaat salak untuk ibu hamil. Senyawa dan vitamin ini bisa mendukung kesehatan ibu hamil dalam melawan infeksi. Kandungan fitonutrien dalam buah salak juga aktif dalam membentuk kesehatan ibu hamil terutama saat memasuki trimester pertama.

Mengatasi Gangguan Anemia

Buah salak mengandung tiamin dan manfaat zat besi yang sangat baik untuk membantu kesehatan ibu hamil. Zat besi menjadi salah satu pemeran penting dalam memproduksi sel darah merah. Ibu hamil membutuhkan sel darah merah yang lebih tinggi karena digunakan untuk menyumbang oksigen lewat plasenta pada janin. Kekurangan oksigen akan sangat berbahaya pada nyawa janin dan ibu hamil.

Mengatasi Gangguan Asam Lambung

Salak memiliki peran yang sangat penting untuk mengatasi masalah asam lambung dan penyakit lambung lain. Ibu hamil yang mengalami mual dan muntah yang parah, biasanya sangat rentan terhadap gangguan asam lambung pada trimester pertama. Untuk mengatasi hal ini maka ibu hamil bisa makan buah salak. Salak akan mengurangi rasa mual dan membuat pencernaan menjadi normal lagi.

Membantu Sistem Memori pada Janin

Salak menjadi salah satu buah yang banyak mengandung pektin. Pektin adalah salah satu zat yang dibutuhkan dalam perkembangan janin, untuk membentuk kecerdasan dan mempertahankan memori dalam otak. Kandungan pektin dalam buah salak ternyata juga sangat efektif untuk membangun sistem kecerdasan pada janin.

Mencegah Penyakit Mata pada Janin

Ancaman penyakit mata pada bayi tidak hanya terjadi ketika sudah lahir. Bahkan janin bisa mengalami infeksi ini sejak dalam kandungan. Manfaat salak untuk ibu hamil dapat mencegah semua masalah infeksi yang menyerang retina atau lensa mata. Buah salak mengandung beta karoten dan antioksidan yang bisa mencegah penyakit karena infeksi mata selama dalam kandungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *