manfaat membedong bayi

Manfaat Membedong Bayi

manfaat membedong bayi

Manfaat Membedong Bayi

Membedong bayi adalah tradisi sebagian orang asia, menurut banyak orang, hal ini supaya kaki bayi nantinya luru dan cantik.

Namun tradisi ini belakangan ini menjadi kontroversi, karena adanya pernyataan, dengan membedong bayi akan mengganggu sistem safar motorik bayi.dengan kata lain membedong bayi dapat mengganggu tumbuh kembang bayi.

Seiring dengan menyebarnya informasi tersebut, maka banyak ibu yang mulai meninggalkan tradisi membedong bayi karena menganggap akan menghambat pertumbuhan bayi itu sendiri.

Tradisi Bedong

Sementara itu masih banyak pula yang tetap menjalankan tradisi bedong bayi karena measih mempercayai jika tulang bayi itu masih rentan sehingga tidak boleh bergerak secara bebas terlebih dahulu. Lantas, mana yang benar antara harus membedong bayi atau tidak?

Sebenarnya membedong bayi tidak seratus persen salah. Karena pada dasarnya membedong bayi tujuannya bukan untuk membuat kaki tumbuh lurus, melainkan sebagai usaha untuk membuat bayi nyaman beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Sebelum lahir, bayi masih berada dalam rahim dan kondisi rahim memang untuk menjadi tempat yang nyaman untuk bayi. Bayi tidak akan merasa kedinginan atau kepanasan dalam rahim. Nah, ketika bayi sudah lahir ke dunia, dia perlu adaptasi dengan lingkungan baru yang berupa tempat baru dan suhu baru. Sehingga untuk menghindari kekagetan yang bayi alami, orang tua bayi memutuskan untuk membedong bayi untuk menciptakan suasana yang hampir sama ketika bayi masih berada dalam rahim.

Suhu sekitar kita yang terkadang sangat panas dan bisa juga sangat dingin akan membuat bayi kesulitan untuk adaptasi. Untuk itu jika suhu sedang dingin maka ada baiknya membedong bayi agar merasa hangat. Namun jika suhu udara cukup panas, biarkan bayi tertidur tanpa bedong karena dengan membedong bayi saat suhu udara sedang panas itu akan membuat bayi tersiksa. Sehingga membedong bayi yang baik itu harus sesuai kebutuhan bayi itu sendiri.

Sementara itu, membedong bayi pun tidak boleh dilakukan erat-erat. Karena hal tersebut akan membuat bayi kesulitan untuk bernafas dan juga menggerakkan sedikit badannya. Biasanya dalam keadaan seperti itu bayi akan menangis. Jadi, jika anda ingin membedong bayi anda ada baiknya jika anda hanya membedong dari bahu sampai kaki. Itu saja bedongan bayi anda tidak boleh terlalu kuat, kendor saja. Biarkan bedong itu berfungsi layaknya selimut.

Efek Membedong Bayi

Sama seperti hal lainnya yang memiliki dua sisi, membedog bayipun juga memiliki sisi baik dan buruk. Sisi buruk dari membedong bayi terlalu kuat yaitu mengganggu sistem saraf motoriknya. Selain itu bayi juga akan merasa kepanasan dan akhirnya menangis. Bedongan bayi yang terlalu kuat juga menyebabkan bayi sulit bernafas.

Baca juga  : Penyebab Balita Sulit Berjalan

Author: jordan smith