Masakan Gudeg Khas Jogjakarta Yang Enak

Masakan Gudeg Khas Jogjakarta Yang Enak

Masakan Gudeg Khas Jogjakarta Yang Enak

Guys, kalian sudah pernah mencoba dengan jenis masakan ini belum? kalau khusus untuk di kota jogja mungkin sudah pernah mencoba dengan jenis masakan tersebut kali iya, dan bagi kota yang lain selain jogja apakah sudah pernah mencoba dengan masakan ini? mungkin banyak orang yang masih belum mencoba dengan jenis masakan tersebut iya. nah jadi akan kami menjelaskan tentang masakan ini sebelumnya.

Gudeg adalah merupakan salah satu makanan khas asal daerah istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda (gori) yang dipadukan dengan ayam kampung dan telur sebagai pelengkapnya. Rasa pedas Gudeg Jogja ini merupakan paduan antara sayur tempe dan sambel krecek. Rasa gudeg ini sangat enak dan nikmat sehingga akan membuat orang mudah ingat dengan makanan khas jogja satu ini. Pada umumnyaa Gudeg hampir bisa ditemui disemua sudut kota yogyakarta, maka tak salah jika makanan Gudeg ini sering disebut-sebut sebagai ikon kota Yogyakarta.

Kalau untuk Bahan dan resep pembuatannya sangat sederhana dan simple, apa saja yang harus di sediakan untuk bahan pembuatan jenis masakan tersebut? yaitu beberapa bahan di antara :
> Bahan – Bahan Untuk Pembuatan Gudeg Yang Enak :
– Nangka muda : ½ buah
– Daging ayam sedang : ½ kg
– Telur : 2 butir
– Kelapa : 1/2 butir
– Daun jati : 3 lembar
– Bawang merah : 3 siung
– Bawang putih : 4 siung
– Ketumbar : 1 sendok teh
– Kemiri : 6 buah
– Terasi : ¼ sendok teh
– Laos : 2 potong
– Daun salam : 3 lembar
– Gula merah dan vitsin : 2 sendok makan
– Garam : 1 sendok makan

> Cara Membuat Gudeg Jogja :
– Langkah pertama, rebuslah telur dan parutlah kelapa untuk dibuat menjadi santan.
– Langkah kedua, potong-potong nangka muda (agak kasar), lalu cuci bersih, kemudian rebus dengan daun jati agar berwarna merah dan lunak. Setelah itu tiriskan dan memarkan.
– Langkah ketiga, haluskan bawang merah beserta bawang putih, kemiri, terasi, ketumbar, gula merah, garam, dan vitsin.
– Selanjutnya, masukkan potongan ayam dan nangka muda yang telah dimemarkan bersamaan dengan santan ke dalam panci. Kemudian masukkan daun salam, aos beserta bumbu-bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya setelah itu, rebus sampai santan habis.
– Terakhir, masukkan telur rebus lalu tambahkan santan kental, kemudian rebus kembali sampai santan habis. Setelah itu sajikan Gudeg Jogja buatan anda bersama nasi putih hangat.

Beberapa Cara ini akan bisa membantu anda untuk mempermudah membuatnya jenis masakan tersebut. jadi bagi anda yang ingin mencoba untuk memasak jenis masakan tersebut anda bisa lansung mencoba dengan bahan dan resep yang kami berikan ini iya guys. mungkin dengan bahan dan resep yang kami berikan ini akan bisa mmebantu untuk untuk lebih cepat memproseskan masaakan Gudeg ini yang enak dan nikmat iya guys. bagi siapapun juga boleh mencoba dengan masakan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *