Memiliki Sebuah Teknologi Bawah Laut AS Menciptakan Robot Ikan

Memiliki Sebuah Teknologi Bawah Laut AS Menciptakan Robot Ikan

Memiliki Sebuah Teknologi Bawah Laut AS Menciptakan Robot Ikan

Para ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) mengembangkan sebuah robot ikan yang dapat membantu melakukan penelitian bawah air. Dilansir dari MIT News, ikan robot bernama SoFi ini dikembangkan oleh MIT lewat Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory (Laboratorium Ilmu Komputer dan Kecerdasan Buatan, CSAIL). Ikan tersebut berenang dengan menggerakan ekornya yang memiliki kekuatan pompa hidrolik, dan bisa mengendalikan daya apung dengan menyesuaikan material busa di dalam tubuhnya. Alhasil, robot ini dapat berenang lurus, berbelok, menyelam ke bawah atau atas.

PhD dari CSAIL mengatakan, SoFi adalah robot ikan pertama yang bisa berenang dalam jangka waktu lama tanpa bantuan alat seperti kabel. Kami berdebar-debar terhadap kemungkinan memakai sistem seperti ini untuk lebih dekat dengan kehidupan laut, lebih dari yang bisa para manusia lakukan seorang diri. Lewat lensa mata ikan yang dimilikinya, SoFi dapat mengumpulkan beragam foto dan video. Saat dilakukan uji coba, SoFi mampu berenang selama lebih dari 40 menit di kedalaman 15 meter meski hanya bermodal baterai lithium polymer yang biasa digunakan smartphone.

Ditambah lagi, robot ini dapat menavigasikan dirinya dengan baik untuk menghadapi arus dan menghindari tabrakan dengan koral. Tim peneliti sudah mengembangkan pengendali untuk SoFi yang memungkinkan peneliti di dalam air untuk mengendalikan SoFi untuk mencari benda tertentu. Alat pengendali SoFi dibuat dari stik Super Nintendo yang kedap air. SoFi juga dirancang senatural mungkin agar ekornya bergerak supaya ia bisa mendekati dan bergaul dengan para ikan.

Selain Dari keunggulan Sofi ini adalah juga akan memberikan sebuah peluang bagi para peneliti dimana untuk bisa mempelajari berbagai kawanan ikan dan juga akan koral rapuh yang ini sangat sulit untuk di akses tersebut. Namun Memang sebauh perancang Sofi ini akan tetap berusaha untuk membuat cipta robot baru ini yang dimana tidak disruptif di lingkungan. Dengan Robit ini mampu untuk melakukan observasi dan juga bisa melakukan interaksi dengan jarak dekat yang di kehidupan laut ini dan tidak terlihat mengganggu ikan hidup,” kata direktur CSAIL Daniela Rus.

Robot ini akan memiliki sebuah potensi untuk menjadi sebuah tipe alat baru dimana untuk menjadi sebuah tipe alat baru yang dimana bisa untuk eksplorasi samudra dan untuk membuka jalan baru yang bisa menyingkap sebuah misteri kehidupan lautan tersebut. dengan robot ikan ini juga bisa di gunakan sebagai pengawasan terhadap di dalam laut tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *