Penyebab Balita Tidak Ingin Makan Ikan Dan Cara Menanganinya

Penyebab Balita Tidak Ingin Makan Ikan Dan Cara Menanganinya – Ikan menjadi salah satu makanan utama yang di jadikan lauk saat makan dengan nasi. Ikan sendiri menjadi salah satu hewan yang sangat bagus untuk di konsumsi oleh setiap orang, mau itu orang dewasa ataupun balita. Sangat baik jika anak anda menyantap ikan yang berasal dari laut, karna ikan laut mengandung omega 3 dan DHA yang akan membantu untuk mencerdaskan otak anak. Bukan hanya ikan air laut saja yang memberikan dampak baik jika di konsumsi oleh anak anda. Namun ikan air tawar juga sangat baik jika di berikan oleh sang buah hati, karna ikan air tawar mengandung protein yang sangat tinggi yang bisa membantu perkembangan sang buah hati.

Baca juga:  Hal Yang Harus Dilakukan Para Ibu Ketika Anak Terserang Cacar Air

Untuk medapatkan ikan ini pun sangat mudah anda temukan tanpa harus mencarinya di laut dan di sungai. Anda bisa menuju kepasar dan membeli jenis ikan yang anda olah menjadi lauk yang lezat di rumah. Namun terkadang para orang tua mengalami sedikit masalah dengan nafsu makan anak terhadap makanan yang di olah dari ikan, padahal ikan menjadi salah satu sumber makanan yang baik dan berguna untuk anak. Nah ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan sang buah hati tidak ingin untuk makan ikan, tapi anda tidak perlu khawatir. Anda juga akan menemukan cara untuk menangani anak anda yang tidak ingin makan ikan.

Penyebab anak tidak mau makan ikan

Karena trauma

Trauma menjadi salah satu ketakutan yang terjadi akibat dari pengalaman yang telah di alami oleh seseorang. Sama seperti anak ketika trauma dengan memakan ikan, pastinya ada alasan tertentu mengapa sang buah hati tidak ingin makan ikan. Biasanya faktor utama sang buah hati tidak ingin makan ikan karna pernah mengalami hal yang sangat menyakitkan, yaitu tertelan duri ikan yang nyangkut di tenggorokan. Ketika tenggorokan kenyangkutan duri ikan, pastinya sang buah hati akan merasa sangat kesakitan. Bukan hanya anak kecil saja, orang dewasa pun akan merasa sangat kesal jika hal itu di alami olehnya.

Karena amis

Ikan memanglah makanan yang amis, mau itu ikan air tawar ataupun ikan air laut. Karna aroma dari amis yang sangat menyengat itu, maka anak pun akan merasa bahwa ikan tersebut memiliki rasa yang tidak enak. Sang anak akan berfikir bahwa bau ikannya saja sudah tidak sedap, apa lagi rasanya? Pemikiran itu lah yang membuat sang buah hati menjadi tidak suka jika di beri makan dengan lauk ikan.

Cara menangani anak yang tidak mau makan ikan

Mengolah ikan dengan benar

Mengolah ikan dengan cara yang tepat pastinya akan membantu daya tarik sang buah hati agar ingin makan ikan. Anak biasanya sangat tidak menyukai bau amis ikan, oleh karena itu sebaiknya anda harus membersihkan ikan dengan baik agar amis ikan menjadi hilang. Banyak cara yang bisa di lakukan untuk menghilangkan aroma amis pada ikan. Nah ketika bau amis ikan telah hilang, pastinya sang buah hati akan mulai tertarik untuk mencicipi ikan yang anda olah dengan benar.

Membuat kreasi makanan dari ikan

Banyak cara untuk mengolah ikan menjadi makanan yang sangat lezat, bukan hanya ikan di goreng atau di masak dengan cara lain. Anda bisa menggunakan daging ikan menjadi makanan lain seperti pempek, siomay dan bakso ikan. Dengan mengolah ikan menjadi masakan lain, tentunya sang buah hati akan merasa penasaran dengan citra rasa yang baru, meskipun makanan itu berahan utama dari daging ikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *