Penyebab Terjadinya Nafsu Makan Berkurang

Penyebab Terjadinya Nafsu Makan Berkurang

Penyebab Terjadinya Nafsu Makan Berkurang

Makan adalah salah satu kebutuhan pokok bagi manusia karena tanpa makan maka tubuh kita akan menjadi lemas serta tidak mempunyai energi yang cukup untuk melakukan berbagai aktivitas harian, bahkan yang lebih ekstrim lagi yaitu bisa menyebabkan seseorang meninggal akibat kelaparan. Nah, maka dari itu tak heran apabila para ahli kesehatan menganjurkan kita untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi setiap hari secara teratur agar tubuh menjadi bugar dan sehat. ternyata banyak diantara kita yang terkadang nafsu makan nya menurun atau berkurang. Meskipun berkurangnya nafsu makan ini bukanlah sesuatu penyakit yang serius tetapi kita tidak boleh mengabaikan hal ini dan kita harus mencari tahu apa yang menyebabkan nafsu makan kita menurun atau berkurang.

akibat beberpa manfaat yang telah membuat kita menjadi tidak nafsu makan, yaitu :
> bahwa demam bisa menjadi salah satu penyebab mengapa seseorang menjadi tidak nafsu makan. Biasanya ketika kita sedang demam maka lidah akan terasa pahit sehingga apapun makanan yang kita konsumsi serasa tidak enak. Apabila sudah begini maka tentunya akan membuat nafsu makan Anda berkurang dan menurun.

> Selain kondisi tubuh yang tidak sehat, stres juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa nafsu makan kita menjadi berkurang. Orang-orang yang sedang banyak pikiran biasanya tidak berselera untuk makan dan mereka cenderung hanya murung dan mengurung diri. Apabila hal ini dibiarkan tanpa ada penanganan maka bisa saja nantinya stres tersebut bisa berubah menjadi depresi. So, perbanyaklah olahraga karena olahraga akan sangat membantu menghilangkan tingkat stres dan membuat nafsu makan meningkat kembali.

> yang membuat kita menjadi malas untuk makan atau tidak berselera untuk makan adalah karena bosan. Bukan berarti bosan untuk makan ya, tetapi biasanya kita jenuh dengan makanan yang ada karena merasa makanan yang kita konsumsi hanya itu-itu saja tanpa ada variasi menu. Nah, apabila permasalahan Anda seperti ini maka solusinya hanya satu yaitu cobalah sesekali untuk makan diluar atau meminta istri Anda untuk memasak sesuatu yang berbeda dan makanan kesukaan Anda maka dijamin selera makan Anda akan kembali meningkat.

> penyebab yang membuat nafsu makan kita menurun atau berkurang. Faktor penyebab tersebut yaitu adanya suatu penyakit seperti adanya peradangan pada perut dan usus, adanya penyakit diabetes, influensa, adanya suatu penyakit serius seperti penyakit jantung, liver atau ginjal dan penyakit-penyakit lainnya. So, jangan pernah anggap sepele menurunnya nafsu makan ini karena bisa saja hal tersebut adalah satu pertanda bahwa ada yang tidak beres pada kesehatan Anda.

> Faktor usia juga bisa menjadi penyebab nafsu makan berkurang. Ketika usia kita bertambah maka biasanya indera perasa dan indera bau kita menjadi kurang peka sehingga hal ini terkadang membuat kita menjadi kurang berminat untuk makan.

> Mengkonsumsi obat-obat tertentu seperti digoksin, fluoxetine, hydralazine dan quinidine juga bisa menjadi penyebab nafsu makan berkurang. Nah, apabila Anda merasa sedang mengkonsumsi obat-obatan tersebut maka jangan heran ya apabila nafsu makan Anda sedikit berkurang karena memang obat diatas dapat menekan nafsu makan kita.

> yang bisa membuat nafsu makan kita menurun adalah yaitu kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol. Nah, apabila Anda seorang perokok dan sering mengkonsumsi alkohol maka segera hentikan kebiasaan buruk tersebut karena sebenarnya kebiasaan tersebut sangat tidak baik bagi kesehatan dan bisa memicu menurunnya nafsu makan.

> flu yaitu penyakit yang menular yang di sebabkan oleh virus RNA dari familia Orthomyxovirydae (virus influenza). Virus ini yang seingkali menyerang unggas dan mamalia. Gejala yang di timbulkan yaitu Demam, Nyeri tenggorok, Batuk, Menggigil, Nyeri otot, Kepala menjadi berat, dan rasa tidak nyaman secara umum.

> Radang atau Inflamasi adalah suatu respon utama system kekebalan terhadap infeksi dan iritasi. Inflamasi di sebabkan oleh factor kimia (Histamin, Bradikinin, Serotonin, Leukotrien, dan Prostaglandin) yang di lepaskan sel yang berperan sebagai mediator radang di dalam system kekebalan yang berfungsi melindungi jaringan di sekitar dari adanya penyebaran infeksi.

> Suatu keadaan di saat suhu tubuh atau badan melebihi 37 derajat celcius yang bisa di sebabkan adanya penyakit atau peradangan. Demam bisa juga di sebabkan oleh Sel Darah Putih sedang bekerja melawan sebuah virus atau bakteri. Demam bisa juga di sebabkan oleh nyamuk yang biasa di sebut dengan malaria.

Author: jordan smith