Tanda Perkembangan Bayi Berumur 6 Bulan

Tanda Perkembangan Bayi Berumur 6 Bulan – Setiap orang pastinya akan semakin bertambah umur dan akan ada masa ketika memasuki umur tersebut terdapat beberapa perubahan. Termasuk pertumbuhan pada bayi yang selalu menjadi perhatian orang tuanya. Pastinya dari awal sejak lahir hingga menuju umur selanjutnya terdapat beberapa perubahan yang akan terjadi pada bayi. Namun terkadang banyak orang tua yang masi ketakutan pada bayinya yang tidak mengalami perubahan ketika umur sang bayi telah semakin bertambah.

Baca juga: Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Bayi Di Bawah 1 Tahun

Terlebih lagi jika bayi telah memasuki usia 6 bulan, karna pada usia ini umumnya kemampuan bayi akan mengalami banyak peningkatan dan mulai bisa untuk melakukan hal-hal yang baru. Namun tidak sedikit pula para orang tua, terutama para Ibu yang tidak mengetahui apa saja perkembangan yang ada ketika bayi telah berumur 6 bulan. Nah berikut ini merupakan perkembangan bayi 6 bulan yang harus pada Ibu ketahui.

Fungsi tangan dan jari mulai optimal

Bayi yang memasuki usia 6 bulan akan mulai belajar untuk memaksimalkan fungsi dari jari-jarinya dengan cukup baik. Sang bayi akan berusaha untuk menggerakan tanggan dari jari-jarinya dengan maksimal seperti sedang mencoba untuk mengambil sesuatu yang ada di sekelilingnya.

Bayi sudah bisa duduk tanpa bersandar

Di usia 6 bulan, bayi juga dapat duduk tanpa harus memerlukan bantuan bersandar pada benda ataupun dinding. Bukan hanya itu saja, pada usia ini sang bayi juga bisa untuk menggerakan kepalanya dan meilhat ke arah kanan dan kiri untuk mecari sumber suara yang di dengarnya.

Bayi sudah belajar merangkak

Ketika bayi berusia 6 bulan, sang buah hati juga akan mulai untuk belajar merangkak maju secara perlahan-lahan untuk mendapatkan barang yang di lihatnya. Bayi akan berusaha menuju barang yang di lihatnya dengan merangkak perlahan-lahan untuk mengambil barang yang di lihatnya. Dalam proses ini merupakan fase yang biasa di lalui oleh bayi sebelum sang bayi akan belajar berjalan.

Bayi mulai sering menirukan suara

Perkembangan selanjutnya dari bayi yang berumur 6 bulan merupakan, ia akan mulai untuk berbicara dalam bahasa tertentu. Bahasa yang di ucapkan oleh sang bayi biasanya merupakan kata-kata dari orang-orang/orang tua ketika sedang mengajak sang buah hati untuk berbicara.

Penglihatan bayi menjadi mulai jelas

Di usia ini, penglihatan sang buah hati akan menjadi lebih sempurna. Si bayi akan menggunakan penglihatannya untuk mengenali setiap orang, mau itu orang tuanya sendiri ataupun orang lain. Begitu juga pada benda yang di lihat sang bayi, mau itu benda dengan ukuran yang besar ataupun ukuran yang kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *