Teknologi Berkembang Pesat Di Sektor Pertanian

Teknologi Berkembang Pesat Di Sektor Pertanian

Teknologi Berkembang Pesat Di Sektor Pertanian

Kalian apakah kalian tau sekarang ada teknologi yang sangat canggih untuk di bidang pertanian lho. teknologi tersebut di bidang pertanian ini memiliki beberapa macam alat mesin terbaru yang tidak perlu mengeluarkan tenaga manusia lagi lho guys, teknologi tersebut ini sudah ada di wilayah negara jepang. memang jika akan di bandingkan di negara japang ini memiliki tanah yang masih kurang subur seperti di negara indonesia ini, akan tetapi japang memiliki mesin teknologi yang sangat canggih di banding dengan indoensia.

masing – masing negara tersebut memiliki keunggulan yang berbeda – beda guys, nah tekonologi apa yang membuat japang itu bisa maju dan teknologi secanggih gimana sampai ada mesin untuk di bidang pertanian, teknologi di pertanian japang sangat lengkap sekali mesin – mesin baik dari proses penanaman hingga proses pemaneman. inilah beberapa macam mesin Teknologi Berkembang Pesat untuk di bidang pertanian, Yaitu :

1. Rekayasa Genetik Pembibitan Padi

Jepang memiliki hasil pangan yang berkualitas tinggi tidak luput dari pengembangan mereka pada bidang penelitian, khususnya dalam melakukan rekayasa genetika. Meskipun langkah seperti ini sudah mulai berkembang negara-negara lainnya, tetapi Jepang adalah satu-satunya negara yang berhasil memaksimalkan rekayasa genetik ini.

2. Penggunaan Mesin Penanam Padi

Sebagian besar kegiatan yang masyarakat Jepang lakukan tidak terlepas dari penggunaan peralatan canggih, tidak terkecuali dalam bidang pertanian. Jepang memiliki mesin penanam padi canggih yang bernama Rice Transplanter dengan alat ini dapat memudahkan petani dalam menanam padi, selain lebih mudah, mesin yang mereka gunakan mampu memberikan hasil yang rapi. Indonesia sebenarnya sudah mulai mengembangkan mesin serupa, namun belum banyak petani yang menggunakan teknologi yang satu ini.

3. Perawatan

Sebagian besar petani Indonesia dalam melakukan perawatan seperti penyemprotan pestisida dan pemberian pupuk dengan cara manual dan membutuhkan waktu lama. Hal berbeda yang para petani Jepang tunjukkan. Negara ini, pemberian pupuk dan perawatan lainnya hanya dilakukan oleh satu orang dengan bantuan sebuah traktor yang memiliki desain sedemikian rupa. Dengan mesin ini mereka hanya membutuhkan waktu lebih singkat dan mudah dalam perawatan.

4. Alat Pemanen Padi

Alat pemanen padi bernama Indo Combine Harvester yang sudah ada pada Indonesia, alat ini membutuhkan setidaknya tiga orang untuk mengoperasikannya dalam proses memanen. Teknologi dari pertanian Jepang memiliki alat pertanian yang hanya membutuhkan satu orang operator dalam mengoperasikannya. Dengan menggunakan alat ini pekerjaan tentunya lebih maksimal.

5. Cloud Computing Untuk Pertanian

Ternyata selain memanfaatkan peralatan yang canggih, pertanian negara Jepang juga memiliki mereka komputerisasi dalam pertanian mereka. Salah satunya adalah dengan penggunaan Cloud Computing. Sistem yang dibuat oleh Fujitsu ini, konon sudah digunakan oleh beberapa instansi pertanian yang beroperasi di Jepang seperti Fukuhara, Shinpuku Seika, Aeon Agri Create dan Sowakajeun.

6. Pertanian Dalam Gedung

Jepang khususnya Kota Tokyo merupakan kota metropolitan terbesar dunia yang memiliki banyak gedung-gedung pencakar langit. Namun siapa sangka jika kota Tokyo memiliki lahan pertanian yang memiliki area cukup luas. Area pertanian tersebut terdapat dalam gedung.

Pasona 2 merupakan area persawahan yang dikembangkan dan dikelola oleh Pasona Group. Keunikan dari area persawahan ini adalah lokasinya yang berada dalam basement gedung 27 lantai miliknya kawasan Business District. Pada area seluas 3.000 m2 ini menggunakan teknologi yang bisa menanam padi tanpa bantuan sinar matahari.

Jadi inilah beberapa mesin teknologi yang terbaru dan rancang oleh negara japang sehingga untuk memanem padi ataupun penanaman padi tidak perlu dengan menggunakan tenaga manusia lagi.

Baca juga : Perbedaan Jam Tangan Biasa Dan Digital

Author: jordan smith