Tidak Boleh Membanding – Bandingkan Anak Dengan Orang Lain

Tidak Boleh Membanding - Bandingkan Anak Dengan Orang Lain

Tidak Boleh Membanding – Bandingkan Anak Dengan Orang Lain

Hal yang sering di alami ini adalah ketika anaknya ada berbuat kesalahan ataupun membantah orang tua, maka orang tua lansung membocorkan bahwa akan lansung untuk membanding – bandingkan dengan anak orang lain. hal inilah yang membuat anak anda tidak kepercayaan diri dan anak anda bisa mengalami dampak buruk tersebut.

Mungkin orang tua ini bermaksud agar untuk bisa motivasi anaknya bersama dengan anak yang lain. akan tetapi cara yang di lakukan oleh orang tua ini pun tidak efektif untuk bagi anak – anak, namun yang ada untuk anak itu menjadi murung dan termenung.

Dampak buruk dari orang tua terhadap anak itu apa saja, yaitu :
1. Anak meragukan kemampuan dirinya
Ketika kita mendengar orang lain mengatakan bahwa kita tidak bisa melakukan sesuatu sebaik yang dilakukan orang lain tentu dapat membuat kita down. Begitu juga dengan yang dirasakan anak-anak. Anak-anak dapat meragukan kemampuan dirinya sendiri dan merasa tidak mampu menjadi sebaik yang lain.

2. Menumbuhkan sifat cemburu atau iri
Jika anak sering mendengar orang tua membandingkan dirinya dengan anak-anak yang lain, maka hal ini dapat menumbuhkan sifat-sifat seperti cemburu, iri atau benci pada teman dan saudranyanya. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi, kan?

3. Mengganggu hubungan antara orang tua dan anak
Saat orang tua membandingkan anak, ia akan merasa tidak diterima oleh orang tuanya. Hal ini dapat menyebabkan hubungan antara orang tua dan anak menjadi tidak harmonis.

4. Menghilangkan potensi anak sebenarnya
Kebiasaan membanding-bandingkan anak dapat menyebabkan anak kehilangan potensi diri yang sebenarnya. Hal ini biasanya diawali dengan ambisi yang berlebihan dari orang tua pada anaknya. Ketika orang tua berambisi menginginkan anaknya hebat bermain piano namun minat sebenarnya adalah bermain drum, maka kebiasaan tersebut dapat membuat bakat bermain drumnya tidak berkembang dan hilang.

5. Anak tidak bahagia
Jika anak terus dipaksa untuk bisa menjadi sebaik orang lain, ia bisa tumbuh menjadi anak yang hanya fokus untuk menyenangkan hati orang tua dan melakukan semuanya bukan untuk dirinya namun agar mendapatkan pujian dari orang tua.

Jadi Ketika anak kita ada membuat kesalahan baik itu tidak sengaja maupun sengaja, tolong jangan membanding – bandingkan dengan anak orang, hal tersebut bisa membuat anak kita jauh dari orang tua dan tidak menuruti ke dua orang tua.

Author: jordan smith