Tips Menjaga Kesehatan Bayi

Tips Menjaga Kesehatan BayiTips Menjaga Kesehatan Bayi Yang Wajib Diketahui Ibu

Semua ibu tentu ingin memiliki bayi yang sehat. Namun, ada beberapa hal yang harus diketahui ibu. Inilah Tips Menjaga Kesehatan Bayi yang benar sebagai berikut.

Namun, dalam beberapa kasus alasan yang membuat kesehatan bayi terganggu kebersihan kurang terjaga di sekitar bayi.

Selain itu, sistem kekebalan tubuh bayi masih lemah, dan ini membuatnya sangat rentan terhadap infeksi. Nah, untuk mencegah hal itu terjadi.

Ibu harus memperhatikan menjaga kebersihan enam tips yang menyebabkan perlindungan kesehatan bayi. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah tips untuk menjaga kesehatan bayi Anda.

Tips Untuk Menjaga Bayi Agar Tetap Sehat

1. Mencuci Tangan

Setiap kali Anda akan menyentuh bayi, cobalah untuk membersihkan tangan. Meskipun tak terlihat, tangan membawa berbagai bakteri dan bahkan virus yang dapat menyerang bayi ketika Anda menyentuhnya. Hal yang sama juga berlaku setelah Anda menyentuh bayi, seperti makan atau bahkan mengganti popok.

2. Sterilkan botol Susu Yang Digunakan Oleh Bayi

Jika bayi mendapat susu dalam botol, sangat penting untuk mensterilkan botol dengan benar. Merebus botol pada air adalah cara yang tepat untuk mensterilkan botol susu.

Metode ini dapat membunuh sebagian besar kuman yang berbahaya bagi bayi. Cara ini baik untuk botol yang terbuat dari kaca. Untuk botol plastik, metode ini tidak dianjurkan kecuali bahan yang digunakan aman untuk air mendidih.

3. Bersihkan mulut bayi

Memang benar bahwa bayi tidak memiliki gigi, tetapi ini tidak berarti Anda mengabaikan kesehatan mulut. Karena mulut bayi masih sangat lembut dan sensitif, menyeka mulutnya dengan kain lembut. Hal ini membantu untuk membersihkan sisa makanan yang tersisa di mulut. Hal ini sangat efektif untuk mencegah infeksi jamur di lidah bayi.

4. Menganti Popok Secara Berkala

Ini adalah sesuatu yang jarang diperhatikan oleh ibu. Perhatiin rajin popok bayi akan membantu dia terlindungi dari infeksi.

Jangan biarkan semalam popok bayi, karena membuat bayi rentan terhadap infeksi saluran kemih dan ruam. Mengganti popok sesering mungkin, terutama setelah mereka buang air besar, dan jangan biarkan sampai popok terlalu penuh untuk air kencing.

5. Memandikan Bayi

Untuk ini dapat Anda lakukan dengan membersihkan tubuh bayi dengan kain lembut atau langsung sebagai mandi. Jangan biarkan keringat menempel terlalu lama pada tubuh bayi.

Hal ini dapat menyebabkan infeksi jamur pada tubuh bayi. Gunakan air hangat dan sabun ringan untuk membersihkan tubuh mungil.

6. Kebersihan Payudara Ibu

Ini sering diabaikan oleh ibu. Ingat, berkeringat pada  tubuh Anda dan juga menaruh beberapa bahan kimia dalam tubuh seperti parfum dan deodoran.

membersihkan puting sebelum menyusui adalah cara yang tepat untuk melindungi bayi dari penyakit. Usap dengan kain lembab hangat.

Ini adalah beberapa tips yang paling dasar untuk menjaga kebersihan dan tentu saja kesehatan bayi. Meskipun sederhana, Anda tidak harus mengabaikan itu, demi perlindungan bayi terhadap banyak penyakit yang terus mengintai

Author: jordan smith