Untuk Perkembangan Bayi Yang Harus Anda Ketahui

Untuk Perkembangan Bayi Yang Harus Anda Ketahui

Untuk Perkembangan Bayi Yang Harus Anda Ketahui

Untuk Perkembangan Bayi Yang Harus Anda Ketahui

Dengan kata SPA ini sudah sangat sering kita mendengarkan dan bahkan kata SPA ini sudah tidak asing lagi bagi negara indonesia. Kini banyak klinik kecantikan ataupun salon yang menyediakan spa sebagai salah satu perawatan tubuh. Sebagian orang terutama wanita banyak yang melakukan perawatan tubuh dengan media spa untuk membuat tubuhnya rileks dan juga tenang.

Namun, sekarang sudah sering munculnya Fenomena baby SPA tersebut, Akan tetapi, sebagian besar orangtua belum mengetahui apa manfaat melakukan baby spa untuk buah hatinya bahkan mereka menganggap bahwa baby spa tidak perlu dilakukan, karena hanya akan menghabiskan uang dan juga tidak akan memberikan manfaat yang terlalu signifikan bagi bayinya.

namun ada orang tua juga berpikir bahwa baby SPA ini hanya sebagai sebuah tren yang ada di saat ini sehingga membuat klinik atau salon kecantikan menjadi laris manis. Pemikiran tersebut sangat tidak benar, tentunya banyak manfaat yang diperoleh dari baby spa untuk si kecil. maka Dari sini, akan kami memberikan beberapa Manfaat yang melakukan oleh bayi SPA ini, yaitu :
1. Melancarkan peredaran darah pada bayi
Tentunya, dengan melakukan berbagai gerakan dan juga latihan pada renang ataupun spa, maka gerakan alami yang dilakukan oleh bayi Anda akan menjadi rangsangan alami untuk melancarkan peredaran darah dan juga meningkatkan kesehatan pada jantung bayi. gerakan tanpa tekanan ini tentu dapat menghindarkan bayi dari stres dan akan membuat anak lebih ceria dan juga lincah dalam melakukan berbagai aksi uniknya.

2. Meningkatkan kualitas tidur pada bayi
Tidak dapat dipungkiri bahwa bayi sering mengalami rewel dan juga susah tidur terutama pada saat malam hari. Hal ini memang terbukti dan juga terjadi pada sebagian besar bayi. Hal ini tentunya dikarenakan bayi tidak memiliki kualitas tidur yang baik dan juga sering bangun dan menangis.
Pada saat baby spa, otot-otot bayi akan menjadi lebih lentur, sehat dan juga kuat. Bayi akan terhindar dari kejang dan juga nyeri pada daerah persendiannya. Kondisi ini tentunya membuat bayi akan lebih cepat dan juga mudah tidur pulas.

Dengan melakukan baby spa, manfaat yang akan Anda ambil tentunya memperbaiki kualitas tidur pada bayi sehingga si kecil tidak akan atau jarang bangun pada malam hari. Kondisi ini akan membuat bayi memiliki pola tidur yang cukup baik. Tentunya, ini menjadi suatu keuntungan buat Anda, bukan?

3. Memperbaiki sistem pernafasan pada bayi
Melakukan baby spa tentu akan berpengaruh baik pada sistem pernafasan bayi. Ketika si kecil berusaha bergerak di dalam air, tentunya ia akan merasa takut dan juga khawatir akan sesuatu yang baru. Dengan gerakan seperti ini, maka denyut jantung dan juga sistem pernafasan bayi menjadi lebih cepat dan lambat laun akan teratur dengan sendirinya ketika ia melakukan baby spa berikutnya. Rasa takut terhadap air pastinya akan membuat si kecil lebih berani dan juga percaya diri ketika melakukan suatu gerakan di dalam air.

4. Bayi akan lebih aktif bergerak
Hal ini tentu saja akan terjadi pada bayi yang melakukan baby spa dibandingkan dengan bayi yang tidak sama sekali. Efek positif dari melakukan gerakan di dalam air akan membuat bayi lebih aktif karena si kecil akan lebih berani dan juga percaya diri. Ia tidak akan merasa takut dalam melakukan gerakan seperti merangkak dan juga berjalan. Hal ini tentunya menjadi suatu keuntungan buat kita sebagai orangtua karena akan lebih mudah mengajari dan juga melatih anak untuk belajar berjalan.

5. Menambah nafsu makan bayi
Dengan melakukan baby spa, tentunya bayi akan lebih aktif bergerak dan juga merasa sedikit kelelahan. Ketika si kecil rutin melakukan aktifitas tersebut, tentunya ia akan merasa lapar. Kondisi ini menyebabkan si kecil memiliki nafsu makan yang cukup tinggi. Bayi juga akan mendapatkan pencernaan yang yang lebih baik serta akan lancar buang air besar.

6. Menurunkan kadar hormogen adrenalin
Bayi yang melakukan baby spa tentunya akan mengaktifkan kinerja neurotransmitter serotin yang dapat meningkatkan sel reseptor agar sistem imun menjadi lebih tinggi dan juga mempertebal adrenalin. Manfaatnya tentu sebagai respon untuk menurunkan rasa stres berlebih atau kadar hormogen adrenali pada bayi.

7. Pijatan lembut membuat bayi rileks
Manfaat yang di dapat dari baby spa dengan pijatan tentunya dapat membuat tubuh bayi melepaskan hormon Oksitosin dan juga Endorfin. Pelepasan hormon ini tentunya dapat bermanfaat untuk membuat tubuh bayi lebih rileks, nyaman dan juga lebih ringan.

8. Meningkatkan cepat tanggap pada bayi
Gerakan-gerakan alami yang dilakukan oleh bayi tentunya akan membuat bayi lebih cepat tanggap dan juga dapat menerima respon positif dari lingkungan sekitarnya. Bayi akan lebih cepat tanggap dan berkembang terhadap respon di sekitarnya. Tentunya, kondisi ini membuat bayi lebih mandiri, ceria, cerdas dan juga tidak mudah menangis.

9. Mempercepat pertumbuhan tulang bayi
Tentunya, tulang bayi terbilang masih sangat rapuh sehingga diperlukan suatu stimulasi untuk membuat pertumbuhan tulang bayi lebih cepat. Pijatan yang diiringi dengan belajar terapung di dalam air tentunya dapat mempercepat bayi tumbuh tinggi serta dapat meningkatkan kepadatan pada tulang.

Program baby spa ini memang lebih pada melatih otot dan juga tulang agar lebih kuat dan juga sehat. Pijatan pada tubuh bayi juga dapat membuat keadaan organ dalam bayi menjadi lebih normal dan juga sehat. Pastinya, hal ini akan membuat bayi lebih cepat tumbuh tinggi.

10. Meningkatkan ikatan batin antara ibu dan bayi
Melakukan perawatan baby spa tentunya akan meningkatkan ikatan batin antara ibu dan juga bayi. Ibu akan bisa lebih jelas melihat perkembangan pada bayinya pada saat melakukan gerakan-gerakan kecil. Seorang ibu akan menangkap gerakan yang dilakukan oleh bayi tersebut sebagai rasa kasih dan juga bahagia memiliki anak yang sudah berkembang sesuai dengan usianya. Hal ini tentunya akan memperlancar komunikasi antara seorang ibu dan juga anaknya.

11. Meningkatkan berat badan pada bayi
Tentunya, perawatan baby spa dimulai dengan melakukan pijatan pada tubuh bayi. Penelitian mengatakan bahwa stimulasi dari pemijatan sangat erat kaitannya dengan berat badan bayi. Penelitian yang dilakukan oleh Field menunjukkan bahwa kenaikan berat pada bayi yang melakukan baby spa meningkat sekitar 47% per harinya dibandingkan dengan bayi yang tidak melakukan stimulasi. Tentunya, pijatan ini mempengaruhi pergerakan lambung dan juga sistem saraf vagal menjadi lebih baik dan juga efisien.

Pijat yang dilakukan pada bayi ternyata memiliki efek yang lebih bila menggunakan minyak bunga matahari dan juga minyak kelapa (coconut oil). Hal ini tentunya diduga oleh para ahli bahwa minyak tersebut dapat menyerap ke dalam permukaan kulit dengan cepat.

12. Meningkatkan kesehatan pada kulit
Pijat bayi tentunya sangat bermanfaat juga untuk menjaga kesehatan kulit pada bayi terutama menggunakan minyak. Penggunaan minyak dapat membuat kulit bayi lebih lembab serta menstabilkan suhu panas pada kulit.

Pijatan tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi bayi yang lahir prematur karena sering mengalami hipotermia (suhu tubuh di bawah normal). Hal ini juga dapat membuat kulit bayi terhindar dari kering dan juga pecah-pecah.

13. Perkembangan pada bayi
Bayi yang melakukan baby spa tentunya akan lebih berkembang dibandingkan dengan bayi yang tidak melakukan baby spa. Manfaat yang didapatkan dari baby spa tentunya perkembangan bayi lebih cepat dan juga lebih matang baik dari segi kognitif, motorik dan juga prilaku pada bayi. Bayi yang lahir prematur jika dilakukan pijatan, maka akan jarang stres, rewel ataupun menangis. Perawatan baby spa tentunya akan lebih mematangkan perkembangan bayi dan akan lebih pesat serta cepat tanggap dalam mengenali lingkungan sekitarnya.

14. Memberikan stimulasi pada bayi
Melakukan baby spa tentunya dapat mendorong perkembangan bayi Anda melalui stimulasi sensorik. Hal ini tentunya otak si kecil akan mendapatkan sel-sel baru yang ia dapat dari berendam di dalam kolam. Hal ini akan membentuk koneksi saraf-saraf otak si kecil menjadi lebih baik melalui berbagai stimulasi dan rangsangan berupa pijat bayi, air hangat dan juga aroma dari minyak pijat bayi.

Itulah beberapa hal yang harus Anda tahu dalam perawatan baby spa mulai dari pengertian baby spa, manfaat baby spa serta rahasia dibalik baby spa. Sekarang, saatnya Anda mempertimbangkan apakah Anda akan mengajak si kecil untuk baby spa agar mendapatkan manfaat tersebut ataukah tidak.

Author: jordan smith