Zat Berbahaya disekitar Rumah bagi Balita

zat berbahaya bagi balita

Zat Berbahaya Bagi Balita

zat berbahaya disekitar rumah bagi balita, bisa jadi sering terlupakan bagi kita, namun hal tersebut sangat krusial bagi tumbuh kembang anak.

Pada Umumnya balita mempelajari sesuatu dengan menyentuh, mencium dan merasakannya. mereka tidak akan menyadari bahaya yang akan terjadi saat sibuk mengekplore lingkungannya.

hal seperti ini dapat mengganggu kesehatan balita, jadi tidak akan mengejutkan, jika setiap tahun, rumah sakit merawat ratusan sampai ribuan anak, yang terkontaminasi zat berbahaya.

Kosmetik adalah salah satu benda yang paling berbahaya bagi kesehatan balita, karena zat beracunnya mudah sekali tertelan. Jika sampai tertelan, akibatnya akan sangat rawan bagi kesehatan balita. Zat-zat lain yang tidak kalah berbahaya adalah tumbuhan, sabun atau deterjen, obat flu, analgesik dan vitamin. Ketidaksukaan balita pada beberapa alat-alat rumah tangga sangat membantu mencegah terjadinya keracunan. Sayangnya, tidak ada perangkat rumah tangga yang sepenuhnya dapat dijauhkan demi menjaga supaya kesehatan balita tidak terganggu hal-hal semacam ini.

Menerapkan beberapa aturan keamanan, dan memeriksa atau membersihkan daerah sekitar rumah, bisa membantu melindungi kesehatan balita dari ancaman zat berbahaya. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat rumah Anda lebih ‘aman’ untuk kesehatan balita:

• Lebih baik membeli obat-obatan dan peralatan rumah tangga yang aman untuk kesehatan balita.
• Jangan menganggap semua jenis obat-obatan itu aman bagi kesehatan balita
• Buatlah catatan nomer telepon penting, para dokter beserta rumah sakitnya untuk keadaan darurat dan tak terduga pada kesehatan balita Anda di dekat pesawat telepon.
• Jangan mencoba mengawasi sendiri proses rawat jalan saat keracunan. Dalam beberapa kondisi, balita bisa muntah dan membuat kondisi kesehatan balita semakin buruk. Lebih baik segera hubungi dokter atau rumah sakit.
• Jika Anda tidak yakin apa penyebab dari keracunan yang terjadi, simpan sisa muntahan atau air kencing anak Anda. Ini mungkin dibutuhkan untuk analisa kesehatan balita di rumah sakit dan unit gawat darurat.

Bila balita anda terkena kontaminasi pada mata, ada beberapa penanganan dini yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki kesehatan balita. Mata yang terkena iritasi dan terlihat memerah bisa direndam dengan air hangat selama 15 menit. Metode tercepat adalah dengan mengompres mata dengan air hangat dari dapur atau kamar mandi. Cara lain adalah dengan menggunakan penakar cairan dan tuangkan cairan tersebut perlahan-lahan pada mata. Jika anak Anda merengek saat melakukan pengobatan, bungkus badannya dengan selimut agar tidak terlalu banyak bergerak.

Kejadian lain dimana anda dapat melakukan penanganan dini, untuk balita yang terkontaminasi zat berbahaya adalah menghubungi ahli medis ketika anak mengalami iritasi kulit dari Asam, Alkali, Petroleum atau isektisida.

Copot baju anak anda, dan basuhlah area yang terkena iritasi dengan air bersih.

ingat.! hampir setiap bahan bukan makanan berpotensi menjadi penyebab bahayanya kesehatan balita, menyimpan benda beracun dari pengelihatan dan jangkauan balita merupakan bentuk perlindungan jangka panjang anda terhadap balita.